Vietnam Bisa Sukses Melawan Virus Corona Covid 19 Wuhan, Caranya Gimana Ya?

0
11

chools telah dibuka kembali dan bus berjalan seperti biasa di Vietnam, yang telah berjalan selama hampir sebulan tanpa melihat transmisi komunitas virus Covid-19.

Setelah mencegah wabah yang lebih luas, Hanoi kini menuai keuntungan strategis dari respons yang gesit.

Minat investor – yang menyusut awal tahun ini – kembali meningkat karena pandemi meningkatkan urgensi mengalihkan produksi dari China, kata konsultan bisnis.

Sementara itu, ekspor masker wajah dan alat uji Vietnam dapat membantu meredam dampak ekonomi pandemi yang lebih besar.

“Untuk satu atau dua bulan pertama wabah koronavirus semuanya ditunda,” kata Trent Davies, manajer penasehat bisnis internasional yang berbasis di Vietnam di konsultasi Dezan Shira & Associates.

“Tetapi kita sudah mulai melihat semakin banyak email dari perusahaan yang tertarik bertanya tentang berinvestasi di Vietnam.”

Negara itu melaporkan kasus virus korona pertamanya pada 23 Januari. Ia mulai mengurangi penguncian selama dua minggu sejak pertengahan April, dan memperluas kebebasan itu ke Hanoi dan Kota Ho Chi Minh seminggu kemudian.
Pada 9 Mei, pejabat Kota Ho Chi Minh juga mencabut pembatasan pada bar.

Dibandingkan dengan negara-negara kawasan lain yang terhubung dengan baik seperti Thailand, Malaysia dan Singapura, yang telah mencatat ribuan infeksi Covid-19, Vietnam telah berhasil mempertahankan jumlahnya di bawah 300 sejauh ini melalui kombinasi pembatasan perjalanan awal dan karantina agresif, pengujian dan kontak. melacak.

Ini sebagian dibantu oleh alat tes sendiri, yang sekarang sedang diproduksi secara massal untuk ekspor ke negara-negara seperti Iran, Finlandia dan Malaysia.

Dikembangkan oleh para peneliti dari Universitas Kedokteran Militer milik pemerintah dan perusahaan swasta Viet A Corp, kit ini menggunakan proses reaksi rantai transkripsi polimerase balik transkripsi standar emas dan memberikan hasil dalam waktu sekitar satu jam.
Mereka menerima meterai persetujuan dari Organisasi Kesehatan Dunia dan Inggris bulan lalu, yang memungkinkan mereka untuk dijual di Eropa.

Sementara itu, perusahaan vaksin milik pemerintah Vabiotech, yang bekerja sama dengan University of Bristol, telah mulai menguji potensi vaksin coronavirus pada tikus.

Produksi topeng telah menerima perangsang dari pandemi, membawa sedikit kegembiraan ke industri garmen hancur oleh jatuhnya permintaan dari pembeli Barat.

Bahkan sebelum batas ekspor dicabut akhir bulan lalu, negara itu telah mengirim lebih dari 80 juta masker wajah pada paruh pertama April ke negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan.

Permintaan berskala besar datang dari Prancis, yang telah membuat penggunaan masker wajib untuk transportasi umum dan sekolah menengah karena hal itu memudahkan penutupan secara nasional.

Vietnam juga telah menyumbangkan lebih dari satu juta topeng ke negara tetangga seperti Kamboja dan Laos, serta negara-negara lebih jauh seperti Amerika Serikat dan Rusia.

Berada di depan kurva, ketua ASEAN dalam posisi yang baik untuk memimpin dan membentuk respons regional terhadap pandemi, kata Dr Huong Le Thu, analis senior di Australian Strategic Policy Institute.

“Tidak ada negara yang dapat pulih dengan sendirinya, tetapi mereka yang berada dalam kondisi yang lebih baik dan muncul dari krisis ini relatif lebih awal akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk – dan juga memiliki bandwidth strategis – untuk mengambil inisiatif kepemimpinan,” katanya kepada The Straits Times.

Berbicara pada konferensi bisnis online pada 9 Mei, Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc menetapkan target pertumbuhan ekonomi 2020 lebih dari 5 persen, terlepas dari proyeksi Dana Moneter Internasional sebesar 2,7 persen bulan lalu.

“Ekonomi Vietnam seperti musim semi terkompresi yang menunggu untuk ditarik,” katanya.
kelonggaran investasi yang disebabkan oleh pandemi telah membeli waktu Vietnam untuk mengembangkan infrastrukturnya, yang menghadapi kemacetan sebelum krisis, kata Davies.

Tepat sebelum krisis melanda, Vietnam tidak dapat membangun fasilitas dengan cukup cepat untuk melayani investor, katanya.

“Jumlah ruang pabrik siap pakai yang tersedia, jumlah lahan industri atau jalan, pelabuhan dan jaringan kereta api yang penting untuk pengembangan industri sebenarnya kurang,” katanya.

“Jika ada jendela enam bulan di mana mungkin ada lebih sedikit investasi daripada yang seharusnya, itu berarti akan ada lebih banyak pabrik siap pakai dan jaringan jalan yang lebih baik untuk mendukung pengembangan industri akhir tahun ini,” katanya. 

source: the strait times