Vaksin AstraZeneca COVID-19 dihentikan penggunaannya oleh Eropa

fortuner.id

EROPA: Pemerintah negeri Denmark telah memutuskan untuk secara resmi berhenti menggunakan vaksin AstraZeneca, menjadi negara Eropa pertama yang melakukannya. Denmark adalah negara pertama yang menangguhkan pemberian suntikan setelah kecurigaan awal bahwa jenis gumpalan darah langka ditemukan di beberapa penerima vaksin. Negara-negara lain pada saat itu mengikuti untuk sementara, namun, banyak yang kembali menggunakan vaksin hanya untuk orang tua saja.

Negara itu untuk sementara menghentikan vaksinasi pada 11 Maret sebagai tindakan pencegahan.

Keputusan itu berarti kesimpulan skema vaksinasi Denmark yang dijadwalkan akan dilakukan pada awal Agustus daripada 25 Juli, seperti yang direncanakan oleh otoritas kesehatan.

Berikut ringkasan dari beberapa berita utama terkait virus korona di seluruh dunia pada hari Rabu.

Eropa
Kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan UE berencana memesan 1,8 miliar dosis vaksin BioNTech-Pfizer pada 2023.

Von der Leyen mengatakan blok itu menempatkan kepercayaannya pada jab, yang telah menjadi andalan kampanye vaksinasi blok tersebut sejauh ini.

Ketua Komisi juga mengatakan blok tersebut mengajukan pesanan untuk pengiriman 50 juta dosis vaksin ke kuartal kedua tahun ini, setelah pembuat vaksin Johnson & JOhnson menangguhkan pengiriman mereka.

Di Jerman, orang di bawah 60 tahun yang telah diberi dosis pertama vaksin Oxford-AstraZeneca akan menerima suntikan berbeda untuk dosis kedua mereka, kata pihak berwenang. Jerman mengumumkan pada 30 Maret bahwa mereka tidak akan lagi menawarkan vaksin AstraZeneca dua dosis kepada orang-orang yang berusia di bawah 60 tahun karena kemungkinan terkait dengan kasus pembekuan darah yang jarang terjadi.

Institut Robert Koch Jerman melaporkan 21.693 kasus COVID-19 baru pada hari Rabu dan 342 kematian terkait dengan virus korona, dengan tingkat insiden tujuh hari meningkat menjadi 153,2 per 100.000 orang dari 140,9 pada hari sebelumnya.

Saat lockdown mulai terangkat di London, pentolan legendaris Rolling Stones, Mick Jagger, bersama dengan drummer dan pendiri Foo Fighters Dave Grohl telah merilis lagu pandemi rock kejutan berjudul “Eazy Sleazy” di media sosial.

“Ini adalah lagu tentang akhirnya keluar dari lockdown, dengan beberapa optimisme yang sangat dibutuhkan,” kata Jagger dalam sebuah pernyataan Selasa.

Legenda rock generasi berikutnya Grohl telah cukup aktif secara lebih umum selama pandemi, dengan persaingan jarak jauh yang ia lakukan dengan calon drummer muda Nandi Bushell di Inggris menjadi salah satu kisah penguncian yang menyenangkan di tahun 2020.

Prancis mengatakan akan terus menggunakan vaksinasi COVID-19 dengan vaksin Johnson & Johnson, meskipun ada laporan pembekuan darah langka yang dapat dikaitkan dengan suntikan itu.

Badan Obat Eropa berencana untuk mengeluarkan pendapat minggu depan tentang kasus pembekuan darah yang mungkin terkait dengan jab.

Namun, hingga keputusan dibuat, vaksin dapat terus digunakan tanpa batasan. EMA saat ini menyatakan bahwa “manfaat vaksin dalam mencegah Covid-19” lebih besar daripada risiko efek sampingnya.

Di Prancis, orang yang berusia lebih dari 55 tahun akan divaksinasi sesuai rencana.

Belanda, bagaimanapun, tidak akan menggunakan vaksin sampai lebih banyak diketahui tentang kemungkinan trombosis. Swedia dan Denmark mengatakan mereka akan menunggu sampai EMA mengeluarkan putusannya.

Perdana Menteri Rumania Florin Citu telah memecat menteri kesehatannya, Vlad Voiculescu, karena penanganannya terhadap pandemi virus korona.

“Saya memutuskan untuk membuat perubahan di bagian atas Kementerian Kesehatan untuk memastikan bahwa kepercayaan pada lembaga negara dipertahankan,” kata Citu kepada wartawan, tanpa menjelaskan secara rinci mengapa Voiculescu dibubarkan.

Pemecatan itu merupakan pukulan bagi koalisi kanan-tengah negara itu. Partai liberal Citu PNL dan USR / PLUS Voiculescu membentuk koalisi pemerintahan Desember lalu, bersama dengan partai minoritas Hongaria UDMR.

Amerika
Mahkamah Agung Brasil telah mengonfirmasi bahwa Senat akan membentuk komite untuk menyelidiki tanggapan pemerintah federal terhadap pandemi virus corona.

Penyelidikan kongres dapat, secara teori, mengarah pada kemungkinan kesalahan penegakan hukum.

Bolsonaro sudah menghadapi rekor ketidaksetujuan atas penanganan pandemi.

Berita itu muncul ketika negara bagian terkaya dan terpadat di Brasil, Sao Paulo, memperingatkan bahwa kapasitasnya untuk merawat pasien COVID-19 yang sakit parah berada di ambang kehancuran.

Oceania
Negara bagian Queensland di Australia mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka akan melonggarkan tindakannya mulai pukul 6 pagi pada hari Kamis, mencabut batasan kunjungan rumah sakit dan persyaratan untuk membawa masker setiap saat di depan umum, di antara batasan lainnya. Orang masih didorong untuk memakai topeng di tempat yang padat.

Australia dan Oseania secara keseluruhan telah berhasil mengatasi pandemi dengan cukup baik hingga saat ini. Negara bagian Queensland telah mencatat lebih dari 1.500 kasus dan tujuh kematian hingga saat ini, dari populasi 5 juta orang. Norwegia, dengan populasi yang sebanding, telah mencatat lebih dari 100.000 kasus dan 688 kematian.

Denmark akan berhenti menggunakan vaksin AstraZeneca COVID-19 sama sekali karena diduga memiliki efek samping yang jarang tetapi serius. Sementara itu, Korea Selatan melaporkan jumlah kasus tertinggi dalam tiga bulan.


source: dw.com/en/coronavirus-digest-denmark-halts-astrazeneca-vaccination-indefinitely/a-57189908

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: