ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Ternyata Nenek moyang Jepang Ada Gen Orang Indonesia

batamax.com nenek moyang orang jepang

Pada tahun 1988, di Urawa, Prefektur Saitama, Jepang, telah ditemukan tengkorak manusia purba Jepang yang berusia 5.900 tahun, yang di Jepang dikenal sebagai “Urawa Ichigo” atau artinya Urawa Nomor Satu. Secara anatomi wajah, antropologis Jepang memperkirakan bahwa tengkorak ini memiliki wajah khas orang Jomon, yang merupakan ras manusia yang lebih awal datang ke Jepang sebelum Jepang dibanjiri oleh orang Yayoi yang datang dari arah daratan Asia Timur.

Lalu dilakukan analisa atas susunan basa nukleotida pada DNA tengkorak ini. Hasilnya lalu dibandingkan dengan genetika orang Jepang maupun Asia lainnya. Hasilnya sangat mengejutkan.

  • Dari 62 orang Jepang yang menjadi sampel perbandingan, tidak ada seorangpun yang susunan basa nukleotida DNA nya sama persis dengan DNA si tengkorak.
  • Dari 29 orang Asia non-Jepang, kecocokan 100% ditemukan hanya pada 2 orang, yakni 1 orang Indonesia dan 1 orang Malaysia.

Dari 62 orang Jepang di atas, walaupun tidak ditemukan mereka yang susunan basa nukleotida DNA nya 100% cocok, tapi ditemukan mereka yang sangat mendekati. 15 orang hanya memiliki mutasi 1 titik, dan 8 orang memiliki 2 titik mutasi. Ini juga yang menjadi jawaban atas pertanyaan mengapa kadang ada saja orang Jepang yang berwajah mirip orang Indonesia, karena sebagian nenek moyang mereka memang berasal dari sini.

Ini memperkuat teori yang sudah semakin mainstream di Jepang bahwa orang Jomon sebagiannya berasal dari Asia Tenggara, dalam hal ini dari apa yang menjadi wilayah Indonesia dan Malaysia saat ini.

Artikel ini terakhir diupdate padaFebruari 26, 2020 @ 12:15 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: