Teladan Victor Peter Chang yang WAJIB kita kagumi

Apa kamu mengenal Pak Victor Chang? Lahir dengan marga Chang dan memilik nama Cina Chang Yam Him, Pak Victor Chang merupakan seorang dokter bedah yang sangat berperan membentuk dan mengembangkan teknologi kedokteran di dunia. Jika kamu memiliki saudara maupun orang tua yang pernah mendapatkan pelayanan operasi jantung, mungkin kamu harus berterimakasih pada ilmu penemuan dan hasil penelitian Pak Dokter Victor Chang ini. Namun sangat disayangkan sekali, beliau meninggal karena ditembak oleh pelaku begal saat akan berangkat kerja pagi ke rumah sakit di Australia.

Pak Victor Chang merupakan figur besar dan ahli bedah jantung Australia dan pelopor transplantasi jantung modern. Setelah menyelesaikan studinya di Universitas Sydney dan bekerja di Rumah Sakit St Vincent, ia berlatih menjadi dokter di Inggris dan Amerika Serikat sebagai ahli bedah sebelum kembali ke Australia. Di Rumah Sakit St Vincent, ia membantu mendirikan Unit Transplantasi Jantung Nasional, pusat transplantasi jantung dan paru terkemuka di negara itu. Tim bedah Pak Victor Chang memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam melakukan transplantasi jantung dan dia mempelopori pengembangan katup jantung buatan. Pak dokter Chang juga menyempatkan diri untuk selalu belajar dan membaca thesis dan penelitian ilmuwan kesehatan lain yang ditulis dalam berbagai bahasa. 

Jika pasiennya tidak mampu, Pak Victor Chang akan berusaha meminta sumbangan dan mencarikan donatur dana, sifat dan kebaikan seperti Pak Dokter Victor Chang ini sangat langka bahkan di zaman sekarang.

Pada tahun 1986, Pak Victor Chang diangkat sebagai Sahabat Ordo Australia karena “layanannya untuk hubungan internasional antara Australia dan Cina dan untuk ilmu kedokteran”. Namun sayangnya pada tahun 1991, Pak Victor Chang meninggal setelah ditembak dalam upaya pemerasan yang gagal terhadapnya. Warisannya meliputi penciptaan Institut Penelitian Jantung Victor Chang, yang membuatnya terpilih sebagai warga Australia abad ini di People’s Choice Awards, dan pendirian Gedung Victor Chang Lowy Packer di Rumah Sakit St Vincent.

Cerita masa kecil Pak Victor Chang sebagai warga negara keturunan tidak terlepas dari orang tuanya yang melahirkan beliau di Shanghai dari orangtua Cina kelahiran Australia. Dia tumbuh di Hong Kong, di mana dia bersekolah di sekolah dasar di Kowloon Tong dan menghabiskan dua tahun di St. Paul’s College. Ayah Chang, pak Aubrey mengirimnya dan adik perempuannya untuk merantau dan bersekolah ke Sydney, Australia, demi pendidikan yang baik dan sesuai kemampuan ekonomi mereka pada saat itu. Kemudian pada tahun 1951 mereka pindah dan tinggal bersama keluarga besar. Pak Victor Chang pun akhirnya memutuskan untuk bersekolah di Belmore Boys ‘High School di Belmore dan menyelesaikan pendidikan menengahnya di Christian Brothers’ High School di Lewisham.

Keinginan dan cita-cita menjadi dokter muncul ketika pada 7 April 1948, ibu Pak Victor Chang meninggal diusia muda karena kanker payudara pada usia 33, hal inilah yang mendorongnya untuk mempertimbangkan karir di bidang kedokteran pada usia 12 tahun.

Pak Víctor pun berusaha menempuh pendidikan tinggi di University of Sydney, di mana ia lulus dengan gelar Sarjana Ilmu Kedokteran dengan Honours Kelas Satu dan Sarjana Kedokteran, Sarjana Bedah pada tahun 1962. Kesuksesan pak Víctor ini juga tidak terlepas dari dukungan sang orang tuanya yang bekerja keras untuk mencapai dan mendukung cita-cita anaknya tersebut. 

Pada usia dewasa, Pak Victor Chang bertemu istrinya Bu Ann Simmons pada tahun 1966. Istrinya merupakan dokter darurat on-call di Rumah Sakit St Anthony di North Cheam, London. Pasangan dokter ini memiliki 3 anak: Vanessa, Matthew, dan Marcus. Pak Victor Chang memiliki dua adik: saudara perempuan Frances dan saudara laki-laki Anthony. Menurut keluarga terdekat, sebenarnya pak Dokter Victor tidak menganut atau beragama tertentu dan tidak suka membedakan pasien yang datang dari berbagai ras dan kepercayaan, tetapi diketahui ia sering meminta Suster Bernie untuk berdoa bagi para pasiennya yang sakit dan dikenal karena belas Kasih nya dalam melayani masyarakat tanpa melihat kemampuan ekonomi. 

Pada 1984 Dr Chang mendirikan Yayasan Victor Chang untuk memberikan dana di dua bidang khusus yang ia sukai: Pendidikan dan inovasi di bidang kardiologi dan bedah kardiotoraks. Yayasan berlanjut hari ini di bawah kepemimpinan putrinya Vanessa Chang.

Gerombolan begal tersebut berasal dari Malaysia. Pria etnis Cina Malaysia yang bernama Liew mengaku bersalah dan dijatuhi hukuman 26 tahun penjara dengan masa bebas bersyarat 20 tahun. Sedangkan partner begalnya yang juga pria asal Malaysia lainnya Lim, yang mengaku tidak bersalah dan mengaku tidak tahu Liew memiliki pistol, menerima hukuman minimum hingga maksimum 18 hingga 24 tahun.

Pada 15 Februari 1994, Institut Penelitian Jantung Victor Chang, sebuah badan yang dimaksudkan untuk fokus meneliti “pencegahan, diagnosis, dan pengobatan penyakit otot jantung”,  diluncurkan oleh Perdana Menteri Australia Paul Keating dengan Kerry Packer sebagai pelindungnya.  “Lab Victor Chang Science Science” di Sekolah Menengah Kristen Brothers dinamai menurut namanya.  Pada tahun 1999, Perdana Menteri John Howard mengumumkan Chang sebagai Australian of the Century di People’s Choice Awards setelah keputusan antara dua atlit Perenang Dawn Fraser, pemain kriket Donald Bradman, dan dokter mata Fred Hollows adalah pesaing lainnya. 

Di Rumah Sakit St Vincent, Gedung Victor Chang Lowy Packer didirikan pada 2008 dengan dana sebesar $ 35 juta dari pemerintah negara bagian dan $ 45 juta dalam sumbangan perusahaan dan swasta.  Mary, Putri Mahkota Denmark secara resmi membuka gedung itu dan menyatakan bahwa Chang “adalah pemikir orisinal dan melihat perlunya penelitian dan pengembangan alat bantu jantung dan, paling tidak, ia dikenal karena kepeduliannya yang legendaris untuk pasien dan keluarga mereka. “.   Dalam artikel majalah Time “A Golden Anniversary”, yang berisi daftar orang yang telah membentuk “50 Tahun terakhir di Pasifik Selatan” (1959–2009), Chang terdaftar sebagai sosok teladan 1979-1989. 

Pada 2017, feri kelas Sydney Ferries Emerald pun diberikan nama Victor Chang.

Kematiannya pak dokter Victor ini awalnya diselimuti misteri. Berdasarkan laporan kepolisian Australia, Pada 4 Juli 1991, Pak Victor Chang ditembak dua kali di kepala dalam upaya begal yang gagal. Sangat menyedihkan bahwa tubuhnya ditemukan tergeletak di selokan di sebelah mobilnya di pinggiran kota Sydney, Mosman. Pak Victor Chang sebenarnya dibegal oleh dua pria asal Malaysia, Chew Seng (Ah Sung) Liew dan Choon Tee (Phillip) Lim, dengan modus menabrak mobil mereka ke kendaraan Chang, dan kemudian memaksanya untuk menepi. Setelah berdebat dengan Chang yang menolak memberi mereka uang, Liew melepaskan tembakan fatal; yang pertama masuk dekat pipi kanan dan keluar di bawah telinga kanan, sementara yang fatal, ditembakkan dari jarak dekat, memasuki pelipis kanan dan melewati otak.

Penyidik ​​polisi Australia awalnya mencurigai keterlibatan sindikat Triad, hingga keterlibatan teori konspirasi agen mata-mata komunis PRC yang melakukan pembunuhan tersebut. Akan tetapi kepolisian Australia kemudian menemukan dompet dari salah seorang pelaku dan mobil Toyota Corrolla yang digunakan pelaku untuk membegal sedang terparkir sembarangan disudut kota Sydney. Polisi Australia mulai menyimpulkan bahwa pembunuhan itu adalah tindakan begal amatir. Pak Víctor Chang merupakan orang yang disiplin dan tepat waktu. Beliau sangat disiplin dan sangat suka sekali bekerja dengan serius. Pak Dokter Victor Chang berangkat kerja di pagi hari dan pulang kerja pun melalui jam dan rute yang sama sehingga pelaku begal dengan mudah membuntuti. 

Kematian Pak Victor Chang sangat disayangkan seluruh orang Australia terlebih lagi para pasien dan keluarga yang dalam antrian operasi jantung. Seluruh dunia berkabung pada tahun itu, dan merupakan acara pemakaman yang dikunjungi ramai orang. Beliau akhirnya dikremasi dan abunya dimakamkan di bawah plakat peringatan di Green Park, Darlinghurst, di seberang Rumah Sakit St Vincent.

Gerombolan begal tersebut ternyata berasal dari Malaysia. Publik Malaysia pun geram dan mendorong pihak kepolisian diraja Malaysia untuk fokus mengembangkan kasus ini. Akhirnya penyelidikan berbulan bulan bisa menangkap pelaku. Pria etnis Cina Malaysia yang bernama Liew mengaku bersalah dan dijatuhi hukuman 26 tahun penjara dengan masa bebas bersyarat 20 tahun. Sedangkan partner begalnya yang juga pria asal Malaysia lainnya Lim, yang mengaku tidak bersalah dan mengaku tidak tahu Liew memiliki pistol, menerima hukuman minimum hingga maksimum 18 hingga 24 tahun. Pelaku lainnya yang juga warga Malaysia, Stanley Ng, mengaku bahwa mereka ingin menculik pak dokter Chang. Namun membatalkan rencana pemerasan culik tersebut sehari sebelum pembunuhan. Dia gagal mencoba menahan Chang dua kali untuk memaksanya memberikan $ 3 juta. Ng diberikan kekebalan atas bukti-buktinya. Penuntut menuduh rencana itu adalah untuk menculik Pak Victor Chang, mengikatnya dengan keluarganya di rumahnya di Clontarf, dan mengancam akan menggantung mereka untuk memaksa Pak Victor Chang menarik uang dari bank. Dalam putusannya, Hakim Mahkamah Agung John Slattery menyatakan, “Itu adalah rencana yang absurd dan mustahil, selalu ditakdirkan untuk gagal”.

Pada 26 Oktober 2009, Lim dianugerahi pembebasan bersyarat. Setelah protes dan keberatan publik Australia dari Menteri Layanan Korektif New South Wales, John Robertson, pembebasannya ditunda, sambil menunggu sidang pembebasan bersyarat lainnya. Di Mahkamah Agung New South Wales, keputusan itu dibatalkan karena Otoritas Pembebasan Bersyarat membuat kesalahan prosedural. Lim dibebaskan dari Parramatta Correctional Centre pada 1 Maret 2010 ke dalam tahanan petugas imigrasi. Dia akan dideportasi kembali ke Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2 Maret, tetapi penerbangan dibatalkan karena alasan teknis. Dia diterbangkan keluar dari Australia pada 3 Maret.

Setelah 21 tahun di penjara, Liew diberikan pembebasan bersyarat dan dideportasi ke Malaysia pada 13 Oktober 2012. Dalam sidang pembebasan bersyaratnya, ia membuat permintaan maaf yang luas untuk kejahatan dan percaya bahwa jangka panjangnya di penjara telah cukup lama untuk membayar kesalahannya dimasa muda tersebut. Namun, Ada kecaman kecil dari Jaksa Agung NSW Greg Smith; yang akhirnya Liew dibebaskan dari penjara pada 12 Oktober 2012. Yang patut disayangkan adalah karya dan penelitian medis Victor Chang yang belum sempat selesai akhirnya terhenti oleh tindakan bodoh begal asal Malaysia tersebut 


Sumber: National Archives of Australia

 

 

Artikel ini terakhir diupdate padaAgustus 30, 2019 @ 6:01 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: