Taiwan telah menyetujui untuk menyumbangkan 10 juta masker wajah ke negara-negara yang paling parah.

Diplomasi Taiwan menawarkan masker dan bantuan medis ke negara-negara asing, membuat marah Beijing. Pulau Taiwan yang memiliki pemerintah sendiri ini telah dibekukan dari Organisasi Kesehatan Dunia tetapi tanggapannya yang kuat terhadap Covid-19 telah membantu meningkatkan profilnya. Pemerintah Taiwan telah menawarkan untuk menyumbangkan 10 juta masker wajah ke negara-negara yang berjuang melawan wabah tersebut.

Taiwan telah mengintensifkan upayanya untuk meningkatkan profil globalnya dengan menawarkan untuk menyumbangkan masker wajah dan bantuan medis yang sangat dibutuhkan negara lain – sebuah langkah yang membuat marah Beijing.
Pengamat mengatakan upaya Taiwan untuk mengendalikan wabah Covid-19 telah meningkatkan kekuatan sistem medisnya dan meningkatkan visibilitasnya di panggung dunia.

Itu juga telah dipuji oleh para pemimpin dunia, dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan Uni Eropa berterima kasih atas upaya dan sikap solidaritas Taiwan, sementara Departemen Luar Negeri AS menganggap Taiwan sebagai teman sejati.

Namun, Beijing tidak memuaskan. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying mencatat bahwa Taiwan mengeluarkan ekspor masker kompilasi wabah mencapai puncaknya di daratan Cina, dan mengatakan pulau itu tidak dapat memutar “trik politik” untuk mendapatkan aksesi ke Organisasi Kesehatan Dunia.

Cina juga mencatat perusahaan dan perorangan Cina juga menyumbang pasokan medis ke AS, dan mempertanyakan tidak ada persetujuan resmi atas bantuan mereka dari AS.


Sumber:

Reuters