Sepeda Motor Buatan Toyota Ternyata Ada Sebelum Sukses Bikin Mobil

toyota motor-fortuner.id

Siapa sangka merek mobil nomor 1 dunia asal Jepang ini dahulu kala pernah menciptakan sebuah sepeda motor sebelum sukses mengemparkan dunia dengan mobil buatanya.

Toyota pernah menjual motor pada puluhan tahun yang lampau, tepatnya antara tahun 1949 sampai 1960. Lumayan lama juga sih sebenarnya. Ada beragam macam model yang sempat mereka keluarkan. Mulai dari yang sederhana hingga yang cukup menjanjikan pada masanya. Motor – motor tersebut bukan dibikin langsung oleh Toyota, melainkan dibikin oleh Toyo Motors. Untuk penjualannya, mereka menggunakan jaringan Toyota secara full.

Toyo Motors didirikan pada tahun 2949 di tempat yang sekarang menjadi kota Kariya, yang terletak di Prefektur Aichi, Jepang. Pendirinya adalah Kazuo Kawamata yang sangat tertarik dengan mesin pembakaran dan telah mempelajarinya sejak berusia 20 tahunan. Setelah ia membantu mengembangkan Roland yang merupakan mobil berpenggerak roda depan pertama di Jepang, Kawamata berkenalan dengan pendiri Toyota, Kiichiro Toyoda.

Sayangnya perkembangan Toyo Motors tidak begitu lama. Banyak keluhan dari konsumen terkait kontrol kualitas. Hal ini disinyalir karena Toyo Motors dulunya udah pake sistem outsourcing. Mereka hanya merakit setiap kompne yang datang dari pihak ketiga.

Para insinyur dan karyawan Toyo sempat mempertimbangkan kembali gagasan membuat komponen motornya sendiri, tapi Kawamata diceritakan tidak tertarik. Di masa beratnya itu tumpukan suku cadang yang rusak mulai menumpuk di dalam pabrik.

Di saat sulitnya Toyo Motors, Honda datang menjawab semua kebutuhan sepeda motor lewat Honda Super Cub yang praktis menjadi salah satu motor terlaris sepanjang masa. Perlahan Toyo Motors hilang dan tak lagi produkti di tahun 1960.

Sepeda Motor toyot ini malah mirip otoped yaitu kalian mesti mengayuh dulu sebagai starter mesinya,


source/=:toyota motor-fortuner.id

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: