ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Ranking Universitas Paling Digemari di Jerman

Di antara negara-negara non Inggris, Jerman memiliki sederet universitas terbaik di dunia. Inilah ranking universitas yang paling digemari mahasiswa asing, termasuk dari Indonesia.

10. Universitas Köln

Kuliah di kota yang menggelar pesta karnaval terbesar di Jerman setiap tahunnya? Siapa yang tidak mau. Terlebih penduduk Köln disukai dengan gayanya yang santai. Kedekatan kota ini dengan kota-kota besar Eropa juga menjadi nilai plus: Amsterdam, Brussel, Paris dan Düsseldorf dapat dicapai cuma dalam waktu kurang dari tiga jam dengan kereta.

9. Universitas Johann Wolfgang Goethe, Frankfurt am Main

Universitas yang dibaiat dengan nama penyair terbesar Jerman itu dikenal sebagai rumahnya mazhab Frankfurt – sebuah aliran filsafat yang lahir dari rahim Institut Penelitian Sosial di Universitas Frankfurt. Kota ini lantaran parasnya juga sering disebut sebagai “Mainhattan,” yang merujuk pada Manhattan di New York. Frankfurt adalah jantung keuangan Jerman.

8. Universitas Duisburg-Essen

Dengan 37.000 mahasiswa, Universitas Duisburg-Essen adalah salah satu lembaga pendidikan terbesar di Jerman. Universitas yang menggabungkan institusi pendidikan tinggi di dua kota ini, Duisburg dan Essen, berdiri di kawasan paling padat penduduk di Jerman.

7. Universitas Heidelberg

Didirikan tahun 1364, Universitas Heidelberg adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Jerman. Selain reputasinya yang mendunia, universitas ini juga menggiurkan buat mahasiswa asing karena keindahan paras kota Heidelberg. Kota ini juga menjadi pusat penelitian Astrofisika dan kanker.

6. Universitas Humboldt, Berlin

Serupa dengan Heidelberg, Universitas Humboldt juga termasuk yang tertua di Jerman. Reputasi lembaga pendidikan yang berdiri di pusat kota Berlin ini antara lain didapat karena kiprah lulusannya, Otto von Bismarck, Heinrich Heine, Robert Koch dan aktivis HAM Amerika Serikat W.E.B. Dubois.

5. Universitas Teknik Berlin

Ibukota Jerman ini tidak cuma menarik minat wisatawan, tetapi juga mahasiswa asing. Universitas Teknik atau TU Berlin memiliki reputasi sebagai wadah pendidikan di bidang teknik nomer wahid di Jerman. Terlebih dibandingkan München atau Hamburg, Berlin lebih unggul perihal biaya hidup yang terjangkau.

4. RWTH Aachen

Barangkali RWTH adalah satu dari sedikit universitas di Jerman yang memiliki reputasi mendunia. Salah satu lulusannya adalah bekas Presiden Indonesia, Bacharudin Jusuf Habibie yang mempelajari teknik penerbangan dan lulus dengan predikat terbaik.

3. Universitas Teknik München

Ibukota negara bagian Bayern ini memiliki dua universitas elit, salah satunya adalah Universitas Teknik München. Menurut pihak universitas, satu dari lima mahasiswa datang dari luar negeri. Namun ketika TU München memiliki reputasi mendunia perihal kualitas pendidikan, biaya hidup di kota München tergolong yang paling mahal di Jerman.

2. Universitas Ludwig-Maximilians München

Universitas lainnya di München yang mendapat predikat elit adalah Universitas Ludwig Maximilians. Selain salah satu yang tertua, universitas ini juga dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Jerman. Sekurangnya 34 pemenang hadiah nobel pernah mengecap pendidikan di universitas ini.

1. Freie Universität Berlin

FU Berlin didirikan 1948 di Berlin Barat sebagai jawaban atas Universitas Humboldt yang berlokasi di Timur. Kendati tergolong muda, FU Berlin sudah dikenal sebagai lembaga pendidikan yang menawarkan kualitas dan fasilitas pendidikan terbaik di Jerman.


Sumber:

DW

Artikel ini terakhir diupdate padaApril 22, 2018 @ 11:16 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: