ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Persiapan Masa Tua di Batam

FORTUNER.ID GOOGLE

Hari tua memang menjadi bayang-bayang yang menghantui sebagian orang. Tiap orang berlomba-lomba bekerja dan menabung untuk jaminan hari tua mereka kelak. Hal ini tidak salah, justru merupakan hal yang baik. Masa tua jangan sampai menjadi masa yang gelap bagi kita setelah bersusah payah di kala muda. Kehidupan yang baik saat tua tentu saja merupakan hasil dari apa yang telah dilakukan ketika muda. Kemudahan di masa tua juga merupakan hasil dari perencanaan yang baik di saat muda.

Saat seseorang bekerja di perusahaan/pemerintah, pada usia tertentu ia akan masuk pada masa pensiun. Biasanya perusahaan/pemerintah sudah menyiapkan dana pensiun bagi pegawainya. Tetapi ternyata dana pensiun dari perusahaan ternyata tidak semua bisa ditarik oleh karyawan saat pensiun nanti. Untuk itu, kita harus menyiapkan dana pensiun sendiri. Dengan ancaman kenaikan inflasi, maka Anda harus menyiapkan dana pensiun sedini mungkin.

Salah satu langkah perencanan keuangan untuk masa pensiun adalah dengan mengetahui berapa biaya hidup saat pensiun nanti. Alasannya ada dua:

Menunjukkan biaya hidup saat pensiun yang tidak sedikit

Kebutuhan hidup akan selalu naik dari tahun ke tahun. Misalnya, jika Anda berusia 30 tahun saat ini dengan biaya hidup 10 juta per bulan, maka 25 tahun lagi biaya hidup bisa mencapai 42 juta sebulan. Perhitungan ini menggunakan asumsi nilai inflasi 6% setahun. Dengan mengetahui angka tersebut Anda akan termotivasi untuk menyiapkan dana pensiun.

Mengetahui target yang harus dicapai

Menyusun rencana dana pensiun dimulai dengan mengetahui berapa target dana yang ingin dicapai. Kemudian hitung berapa investasi yang harus dilakukan.

Cara mempersiapkan dana pensiun adalah dengan dua hal, yakni investasi dan asuransi. Investasi dimaksudkan untuk mencapai tujuan keuangan, sedangkan asuransi untuk memberikan perlindungan keuangan. Investasi tanpa asuransi berarti Anda kurang mempersiapkan diri jika terjadi musibah, karena bisa jadi saat musibah tiba, pengeluaran Anda akan lebih besar daripada pendapatan. Jika Anda memiliki asuransi tanpa investasi, maka Anda tidak akan mencapai target dana maksimal yang seharusnya Anda miliki.

Yang terpenting dari itu semua adalah kita juga harus membentuk diri menjadi pribadi yang mandiri. Mandiri mengurus diri sendiri dan juga mandiri secara finansial. Mempersiapkan dana pensiun sejak dini juga merupakan salah satu langkah agar di saat tua Anda bisa mandiri dan dapat menikmati hidup. Salah satu masalah manusia adalah rasa nyaman, merasa nyaman dengan kondisi yang ada sekarang. Hal ini termasuk kebiasaan para pegawai. Sebagian besar merasa nyaman dan aman karena kelak akan mendapatkan uang pensiun dari instansi tempatnya bekerja tanpa menghitung uang tersebut cukup atau tidak pada masa pensiun kelak.

Untuk investasi, persiapan dana pensiun harus memerhatikan arah inflasi. Pilihlah bentuk investasi yang tidak mudah dipengaruhi oleh inflasi. Pilih investasi yang memiliki jaminan keamanan yang tinggi dan nilainya tidak mengalami penurunan yang signifikan. Oleh sebab itu, memilih jenis investasi juga memerlukan kemampuan, pengetahuan, dan kejelian membaca peluang dan risiko.

Jadi, ikutilah kata pepatah, ”sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.” Kunci sukses investasi hari tua adalah dimulai dari sekarang, karena semakin cepat dimulai, semakin ringan bebannya dan semakin tinggi hasilnya. Apa lagi di masa muda berinvestasi ilmu dari les/kursus di fortuner.id

Artikel ini terakhir diupdate padaFebruari 8, 2018 @ 8:32 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: