Pentingkah Kita Menjaga Alam?

fortuner.id indonesia raya

Kita sebagaimana manusia juga membutuhkan Alam sebagai salah satu faktor keberlangsungan hidup manusisa, seperti kita membutuhkan oksigen yang dihasilkan oleh pohon, air yang bersih, dan sebagaimananya. Namun karena ulang manusia itu sendiri yang karena keegoisanya merasa masa bodoh dengan alam dan lingkungan sekitar sehingga berdampak negatif demi kelangsungan hidup antara manusia dengan mahluk hidupnya, sehingga terjadinya banjir,polusi udara, dan bencana alam lainya. Dapatkah kita sebagai mana manusia dapat melindungi alam kita tersebut dengan cara melestarikanya?

Berikut adalah beberapa cara melestarikan alam :

  1. Melakukan reboisasi – Dengan melakukan penghijauan hutan kembali ini tujuannya adalah untuk melestarikan hutan yang sudah tandus, dapat mengurangi polusi udara serta dapat mencegah bencana tanah longsor.
  2. Membangun terasering – Dengan membangun terasering dengan menanam berbagai macam pohon di daerah yang memiliki topografi miring agar tidak terjadi tanah longsor yang dapat merugikan masyarakat maupun kondisi lingkungan sekitar.
  3. Mendaur ulang sampah – Dengan cara pemanfaatan sampah yang dapat di daur ulang ini bertujuan untuk membuat ketrampilan maupun prakarya yang bermanfaat yang menguntungkan dan ramah lingkungan.
  4. Melarang penembangan hutan liar – Hindari penebangan hutan liar yang dapat merusak alam dan beberapa dampak penebangan hutan secara liar adalah dapat menyebabkan devisa negara menurun, kerusakan hutan, erosi tanah dan tanah longsor.
  5. Melakukan sistem tebang pilih – Apabila memang membutuhkan bahan-bahan yang berasal dari hutan seperti kayu, lakukanlah sistem tebang pilih agar kelestarian hutan tetap terjaga dan tidak menimbulkan masalah serius bagi hutan secara khusus.
  6. Menetapkan hukum atau sanksi – Menetapkan hukuman atau sanksi bagi siapapun yang secara sengaja telah melanggar aturan dalam melestarikan sumber daya alam di muka bumi ini agar mereka lebih sadar akan peran sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari mereka.
  7. Mendirikan cagar alam dan suaka margasatwa – Untuk melestarikan hewan dan tanaman yang hampir punah, pemerintah hendaknya membangun cagar alam dan suaka margasatwa di berbagai daerah yang memang populasi hewan dan tanamannya semakin sedikit. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar keduanya dapat terlindungi dan dapat berkembang lebih banyak lagi sehingga keanekaragamannya tetap terjaga.
  8. Menghindari perburuan liar – Demi menghindari populasi hewan langka yang semakin hari semakin sedikit inilah sebaik mungkin untuk menghindari perburuan liar agar populasi hewan langka tetap terjaga. Dan sebisa mungkin untuk membentuk anggota yang bertugas untuk mengawasi di titik-titik tertentu yang sering menjadi tempat untuk perburuan liar.
  9. Mengurangi penggunaan gas kimia – Gas kimia merupakan zat yang sangat berbahaya, baik itu berbahaya untuk lingkungan sekitar maupun berbahaya untuk bumi ini. Jadi setidaknya mulai sekarang hindari penggunaan gas kimia untuk hal-hal yang tidak begitu penting karena penggunaan gas kimia secara berlebihan dapat menyebabkan lapisan ozon menipis, sehingga memudahkan sinar ultraviolet matahari masuk ke bumi.
  10. Menjaga kebersihan lingkungan – Menggiatkan program kerja bakti massal di lingkungan masyarakat sejak dini agar lingkungan tetap terjaga dan nyaman untuk ditinggali.
  11. Menjaga ekosistem laut – Laut merupakan sumber penghasil ikan terbanyak di negara ini yang kemudian dijual demi kebutuhan masyarakat maupun untuk di ekspor ke negara lain. Maka dari itu kita perlu menjaga ekosistem laut agar keanekaragaman hayati dalam laut tetap terjaga. Selain itu perlu diingat untuk melarang para nelayan dalam menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak, karena hal ini akan sangat merugikan bagi ekosistem laut. Apabila memang ada yang melakukannya, sebaik mungkin untuk segera ditindak lanjuti untuk diberi sanksi agar jera.
  12. Menjaga ekosistem hutan – Selain ekosistem laut, ekosistem hutan juga perlu dijaga kelestariannya. Karena menurut pengamatan dinyatakan bahwa hutan adalah salah satu penyumbang devisa negara, tanpa adanya hutan maka devisa negara akan turun dan hal ini tentunya sangat merugikan negara. Maka dari itu perlu menjaga ekositem hutan agar tetap lestari dan dapat dimanfaatkan dengan bijak.
  13. Mengolah limbah – Limbah pabrik maupun limbah rumah tangga sebisa mungkin untuk diolah ataupun dibuang pada tempatnya, karena apabila kedua jenis lembah tersebut dibuang sembarangan maka akan menimbulkan pencemaran lingkungan dan tentunya ini akan berdampak pada kelestarian alam yang buruk.

Artikel ini terakhir diupdate padaFebruari 23, 2018 @ 2:05 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: