ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Penipuan magang ke jepang Visa Tokutei Ginou

FORTUNER.ID

Hati hati lah dengan beragam tawaran kerja magang ke jepang yang ternyata palsu melalui jalur Visa Tokutei Ginou! Tidak Bisa Bekerja, uang pun melayang…

Program tokutei ginou adalah program baru dari pemerintah jepang untuk mengatasi kurangnya tenaga produktif di negara tersebut. Status visa baru ini, ditujukan untuk pendatang baru dan juga ex-jisshusei yang memiliki skill atau keterampilan khusus. Program ini masih terbilang baru jika dibandingkan dengan program Technical Intern Training/magang.

Seperti dimuat di surat kabar jepang jakartashimbun.com beberapa waktu lalu, ada beberapa teman kita yang terkena musibah menjadi korban penipuan. Mereka berjumlah 5 orang ex jisshusei yang telah pulang kebali ke Indonesia.

Mereka bisa kembali masuk ke Jepang dengan menggunakan visa turis atau wisatawan dan telah membayar kepada agen sebesar 550.000 yen atau hampir setara dengan 70 juta rupiah. Dan berakhir dengan ditelantarkan begitu saja di hotel, sebelum akhirnya mereka menemui Pak Agus pemilik JSS (Japan Souvenir Shop) di Akihabara untuk berkonsultasi meminta bantuan.

Pak Agus juga menceritakan ada yang lebih memprihatinkan. Beberapa diantara mereka yang terkena penipuan, mereka merasa malu untuk kembali ke Indonesia dan bertemu orang tua mereka lantaran uang yang mereka pakai untuk membayar keberangkatan adalah hasil pinjaman. Dan mereka bingung bagaimana cara mereka mengembalikan pinjaman tersebut. Sedangkan uang yang telah mereka bayarkan tidak bisa kembali.

Tips agar terhindar dari penipuan seperti ini, berhati-hatilah terhadap penawaran-penawaran yang dilakukan melalui pesan pribadi. Penyalur yang sudah terpercaya pasti akan mempublikasikan lowongan yang mereka miliki pada publik, tidak melalui pesan pribadi. Selain itu jika mendapatkan tawaran semacam itu, sebaiknya tanyakan atau diskusikan terlebih dahulu di grup seputar kerja di jepang.


Sumber: Jakarta shimbun

Artikel ini terakhir diupdate padaNovember 14, 2019 @ 9:59 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: