Pendiri Ikea Ingvar Kamprad meninggal di usia 91 tahun

Miliarder pendiri Ikea Ingvar Kamprad telah meninggal pada usia 91, perusahaan Swedia tersebut mengatakan pada hari Minggu (28/12), dengan kekaisaran furnitur ia meluncurkan lebih dari setengah abad yang lalu yang dikenal di seluruh dunia. Ingvar Kamprad dan IKEA telah terdaftar oleh Forbes pada tahun 2015 sebagai satu dari sepuluh orang terkaya di dunia, layak lebih dari 40 miliar dolar.

IKEA merupakan perusahaan furnitur multinasional yang bermarkas di Swedia, berkantor pusat di Belanda, yang merancang dan menjual perabotan siap saji, peralatan dapur dan perlengkapan rumah. Ini telah menjadi peritel furnitur terbesar di dunia sejak setidaknya tahun 2008. Nama perusahaan itu adalah akronim yang terdiri dari inisial Ingvar Kamprad (nama pendiri), Elmtaryd (peternakan tempat dia dibesarkan), dan Agunnaryd (kampung halamannya di Småland, Swedia selatan) .Perusahaan dikenal dengan desain modernisnya untuk berbagai jenis peralatan dan perabotan, dan karya desain interiornya sering dikaitkan dengan kesederhanaan ramah lingkungan.

 

Didirikan di Swedia pada tahun 1943 saat berusia 17 tahun, Ingvar Kamprad tidak mencapai masa emas sampai tahun 1956, ketika perusahaan mempelopori perabotan bongkar susun sistem flat-pack.

Outlet & kantor IKEA di Tangerang Indonesia

Dia mendapat ide saat melihat seorang karyawan mengambil kaki dari meja agar sesuai dengan mobil pelanggan dan menyadari bahwa menghemat ruang berarti menghemat uang.

Peritel sekarang menuju pendapatan tahunan sebesar 50 miliar euro (S $ 81 miliar).

“Salah satu pengusaha terbesar abad ke-20, Ingvar Kamprad, telah meninggal dengan damai, di rumahnya di Smaland, Swedia, pada tanggal 27 Januari,” kata perusahaan tersebut.

“Ingvar akan sangat rindu dan teringat dengan hangat oleh rekan keluarganya dan Ikea di seluruh dunia,” kata Ikea di akun Twitter-nya.

Pak Kamprad, yang menderita disleksia, tidak dapat mengingat kode nomor furniturnya sehingga dia merancang metode penamaannya sendiri.

Lahir pada tanggal 30 Maret 1926 di Swedia selatan, Kamprad mulai menjual pertandingan ke tetangga pada usia lima tahun dan segera melakukan diversifikasi inventarisnya untuk memasukkan benih, hiasan pohon Natal, pensil dan bolpoin.

“Ingvar Kamprad adalah seorang pengusaha hebat khas Swedia selatan – pekerja keras dan keras kepala, dengan banyak kehangatan dan kegilaan yang menyenangkan di matanya,” kata perusahaan itu.

“Dia bekerja sampai akhir hayatnya, tetap berpegang pada moto sendiri bahwa kebanyakan hal masih harus dilakukan.”

Pak Kamprad menamai perusahaannya Ikea, menggunakan inisial namanya sendiri. “E” adalah referensi untuk peternakan keluarga Elmtaryd dan “a” mengacu pada desa Agunnaryd, Swedia, tempat dia dibesarkan.

Menurut The Guardian, karpet diberi nama berdasarkan tempat di Denmark dan meja makan memiliki nama yang terinspirasi oleh tempat-tempat di Finlandia. Kursi dan meja memiliki nama maskulin sementara tirai memiliki nama feminin.

Kamprad dikenal karena membeli pakaian di pasar loak, mengendarai Volvo tua dan kelas ekonomi hanya terbang. Meski sudah berkali-kali menjadi miliarder, dia menikmati reputasinya untuk bergaya hidup sederhana tanpa buang uang.


Sumber:

The Guardian

Artikel ini terakhir diupdate padaJanuari 28, 2018 @ 8:10 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: