Pembalut wanita GRATIS di Skotlandia!

Skotlandia menjadi negara pertama didunia yang menyediakan produk sanitasi menstruasi wanita gratis untuk semua orang. Baik penduduk setempat maupun turis wanita yang datang ke Skotlandia tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan pembalut wanita yang akan tersedia diseluruh tempat umum dinegeri Eropa Utara tersebut.

Skotlandia merupakan negara yang menjadi bagian dari Britania Raya. Meliputi sepertiga utara pulau Britania Raya, daratan Skotlandia memiliki perbatasan 96 mil dengan Inggris di Tenggara. Padahal di negeri Inggris sendiri, pembalut wanita masih dikenakan tarif.

Parlemen Skotlandia juga merupakan negara pertama di Eropa yang menyediakan produk sanitasi gratis kepada siswa di sekolah, perguruan tinggi, dan universitas, melalui program pemerintah.

Skotlandia telah menjadi negara pertama di dunia yang membuat produk periodik tersedia secara gratis bagi semua yang membutuhkannya, setelah persetujuan akhir diberikan kepada undang-undang penting di Parlemen pada hari Selasa.

Langkah-langkah tersebut dimaksudkan untuk mengakhiri “masa kemiskinan” – atau keadaan, dan dalam beberapa kasus, pengeluaran yang mahal yang membuat banyak orang tidak memiliki akses ke produk sanitasi saat mereka membutuhkannya.

Nicola Sturgeon, menteri pertama Skotlandia, memposting di Twitter tak lama setelah pemungutan suara pada Selasa malam bahwa dia “bangga untuk memilih undang-undang inovatif ini” yang dia sebut sebagai “kebijakan penting bagi wanita dan anak perempuan”.

Undang-undang baru di Skotlandia didasarkan pada tindakan sebelumnya, yang memperkenalkan hak hukum atas akses gratis ke tampon dan pembalut di sekolah, perguruan tinggi, universitas, dan semua bangunan umum lainnya.

Monica Lennon, politisi yang mengajukan draf proposal RUU tersebut, berterima kasih kepada kelompok-kelompok yang berperan penting dalam pengesahannya, termasuk Girl Guides of Scotland, dan mengatakan upaya kolaboratif di seluruh pemerintah telah membuahkan keberhasilannya.

“Kami telah menunjukkan bahwa Parlemen ini dapat menjadi kekuatan progresif untuk perubahan ketika kami bekerja sama,” kata Lennon, berbicara di depan Parlemen menjelang pemungutan suara pada hari Selasa. “Hadiah kami adalah kesempatan untuk menyerahkan kemiskinan periode ke dalam sejarah. Di masa-masa kelam ini, kita bisa membawa terang dan harapan ke dunia malam ini. ”


Source:

Artikel ini terakhir diupdate padaNovember 25, 2020 @ 7:44 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: