ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Peluang kerja jika menguasai banyak bahasa asing apa saja sih?

Perekonomian Indonesia sedang mengalami perkembangan pesat dan semua orang ingin sekali mendapatkan kesempatan kerja yang besar. Setiap perusahaan tersebut juga banyak  yang mempekerjakan seorang ekspatriat, terutama untuk keahlian tertentu yang jumlahnya terbatas dipasar tenaga kerja lokal.

Jika kamu seorang pelajar atau profesional yang berani dan berorientasi masa depan, maka belajar bahasa asing merupakan investasi yang pasti menguntungkan!. Berdasarkan riset sederhana kami di bkpm.go.id, berikut ini adalah 10 bidang pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Indonesia yang bisa kamu kejar jika menguasai lebih dari 2 bahasa asing:

1. Perbankan

Dengan banyak bank lokal dan internasional yang beroperasi di Indonesia, ada banyak pekerjaan tersedia di pasar, menawarkan karir yang sangat menguntungkan. Pada tahun 2000, eksekutif perbankan dinilai sebagai profesional dengan bayaran tertinggi di Indonesia dengan pendapatan tahunan hingga Rp350 juta.

2. Teknologi Informasi (TI)

Pekerjaan yang berhubungan dengan TI menduduki peringkat sebagai pekerjaan dengan bayaran tertinggi kedua di Indonesia dengan pendapatan tahunan sebesar Rp300 juta pada tahun 2000. Di dunia modern, para profesional teknologi informasi masih menemukan keuntungan dengan permintaan yang konsisten di pasar. Pada 2013, gaji di lapangan berkisar antara Rp4 juta hingga 175 juta per bulan.

3. Akuntansi dan Keuangan

Akuntansi dan keuangan adalah keterampilan yang sangat fleksibel dan global yang dapat menemukan permintaan di semua sektor dan industri. Ada peluang bagus di perusahaan multinasional dengan kebutuhan konsisten dari profesional yang berkualitas. Pada tahun 2013, kisaran gaji dimulai dari IDR 181 juta per tahun. Ketika karyawan pindah ke peran baru, mereka cenderung mendapatkan kenaikan gaji 20 hingga 30%.

4. Penambangan

Industri pertambangan memiliki potensi yang cukup besar dan tidak banyak orang yang memilih untuk mengejar karir di bidang ini. Pasokan yang tidak mencukupi dan sifat pekerjaan yang menuntut telah menaikkan gaji pasar. Paket gaji di lapangan berkisar antara Rp20 hingga 80 juta per bulan.

5. Sumber Daya Manusia (SDM)

Pekerjaan SDM menawarkan peningkatan peluang untuk karir progresif yang banyak diminati. Misalnya, seorang profesional SDM dapat bekerja dengan berbagai industri dan menjadi spesialis hadiah dan rekrutmen. Direktur SDM regional atau lokal dapat memperoleh hingga Rp 150 juta per bulan.

6. Rekayasa Tenik Engineering

Dengan banyak pekerjaan konstruksi yang dilakukan di negara ini, proyek-proyek pembangunan besar dan pengembangan sedang berjalan lancar. Indonesia bersiap untuk membangun infrastruktur yang kuat dan para insinyur sangat dibutuhkan. Gaji berkisar antara Rp4 hingga 100 juta per bulan tergantung pada penunjukan dan pengalaman.

7. Minyak dan Gas

Sejumlah perusahaan minyak dan gas beroperasi di Indonesia. Para profesional migas dapat memperoleh gaji sekitar Rp 30 hingga 100 juta per bulan.

8. Penjualan, Pemasaran, dan Periklanan

Hampir semua industri memerlukan penjualan, pemasaran, dan profesional periklanan, misalnya: ritel dan produk konsumen, elektronik, dan industri telekomunikasi. Gaji untuk seorang profesional di bidang ini bisa mencapai IDR 175 juta per bulan.

9. Telekomunikasi

Telekomunikasi adalah industri yang sangat dinamis, yang berkembang pesat di Indonesia di tengah persaingan yang ketat. Banyak merek yang mencoba memasuki pasar dan profesional yang memenuhi syarat dapat memanfaatkan peluang dengan penghasilan antara Rp 10 hingga 70 juta per bulan.

10. Pengadaan, Supply chain Rantai Pasokan, dan Logistik

Bisnis apa pun yang berupaya memperluas dan berurusan dengan pihak eksternal memerlukan pengadaan, perubahan pasokan, dan profesional logistik. Mereka yang menekuni kariernya dapat menghasilkan antara Rp20 hingga 35 juta per bulan.

Memang perusahaan lokal maupun perusahaan modal investasi asing di Indonesia harus mengajukan aplikasi dengan pemerintah untuk mempekerjakan orang asing. Ada kalanya seorang pemimpin boss expatriate tersebut tidak memiliki keahlian memadai dalam berbahasa Indonesia, oleh sebab itulah kenapa penguasaan bahasa Asing bisa membuatmu terpilih menjadi asisten maupun anggota kerja sang expat.


Sumber: bkpm.go.id

Artikel ini terakhir diupdate padaJanuari 20, 2020 @ 3:44 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: