Pandangan Orang Thailand Tentang Negara Indonesia

Bagaimana pandangan orang Thailand mengenai Indonesia?

*Jawaban ini ditulis berdasarkan pendapat mereka secara langsung, karena pada saat menulis ini saya sedang bersama teman-teman Thailand saya. Mungkin tidak mewakili dan kurang lengkap, tapi sebagai awalan saya rasa cukup untuk membuka wawasan.

  • Indonesia sebagai negara Muslim

Mereka berpikir bahwa Indonesia adalah negara Muslim, yang tidak hanya memiliki populasi mayoritas Muslim, tapi juga hukum negara yang banyak dipengaruhi oleh Islam sehingga muncul anggapan bahwa kehidupan di Indonesia sangatlah ketat dan kurang bebas. Jelas sih, jika dibandingkan dengan kehidupan malam, apalagi kehidupan homoseksual di Thailand, wah langit dan bumi kali, ya.

  • Bali, Bali, Bali

 Sama seperti kebanyakan warga negara lain tentang Indonesia, pulau Bali sangat terkenal di Thailand baik karena keindahan alamnya juga dengan keramahan warganya. Banyak dari warga Thailand yang telah mengunjungi Bali, bahkan tidak berpikir untuk mengunjungi kota lain dan mereka sangat ingin kembali. Mungkin agak susah dicerna karena di Thailand sendiri pantai-pantai yang bagus juga berlimpah, tapi ya begitulah.

“Apa yang kamu pikirkan pertama kali tentang Indonesia?”

“Uhm, Bali!” Well, that sums up.

  • Masyarakat Indonesia super ramah

Tidak diragukan lagi, kebanyakan orang Indonesia sangat menerima kehadiran orang asing dan mereka dapat melihat rasa ketertarikan itu. Rasa inilah yang sedikit banyak mempengaruhi stigma negara kita. Mungkin karena banyak orang Indonesia yang jarang mendapat kesempatan untuk bertemu dengan orang asing, ya? Jadi ketika suatu saat bertemu, mereka merasa ini adalah hal di luar kebiasaan.

  • Ketidaktahuan mereka tentang Papua

Banyak sekali masyarakat Thailand yang tidak mengetahui apapun tentang Papua, apalagi tentang Indonesian black people, tanpa bermaksud menyinggung. Ketika saya memberitahu bahwa terdapat cukup banyak populasi warga kulit hitam di Indonesia, mereka terkejut dan mengira saya bercanda. Miris banget sih, padahal menurut saya hal ini merupakan hal yang menarik untuk diketahui oleh dunia luar.

  • Masyarakatnya hampir sama seperti Thailand

Secara umum, mereka berpikir bahwa kondisi masyarakat Indonesia sama seperti masyarakat Thailand karena berangkat dari penilaian mereka terhadap ekonomi negara, pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan, dan sebagai sesama warga negara dari negara berkembang di Asia Tenggara.

Ada hal yang menarik, wajah kita sebenarnya sangatlah mirip dengan warga Thailand sehingga mereka tidak bisa membedakan keduanya.

“Kamu dan banyak orang Indonesia terlihat lebih Thailand daripada wajah orang Thailand.” Kata teman saya.

Well, kalau ini wajar sih karena kita (mungkin) berasal dari nenek moyang yang hampir sama haha, apalagi dengan daerah Thailand Selatan seperti daerah Hat Yai, Pattani, Phuket, dan Yala.’ 

Source: Audi Sulficar

Artikel ini terakhir diupdate padaJuni 9, 2020 @ 4:44 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: