ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Onde-Onde Jajanan Pasar Yang Sering Dijual Dijalanan

fortuner.id kue onde onde

Sejarah onde-onde dapat ditelusuri di Tiongkok saat zaman dinasti Tang, di mana makanan ini menjadi kue resmi daerah Changan (sekarang Xian) yang disebut ludeui (碌堆). Makanan ini kemudian dibawa oleh pendatang sana menuju ke daerah selatan Cina, lalu berkembang luas hingga daerah-daerah Asia timur dan tenggara.

Onde-onde (Hanacaraka:ꦎꦤ꧀ꦝꦺ​ꦎꦤ꧀ꦝꦺ, Ondhé-Ondhé) (DI Yogyakarta dan sebagian tenggara Jawa Tengah (Surakarta dan sekitarnya)) adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit.[butuh rujukan] Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi bubuk kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.

Artikel ini terakhir diupdate padaJanuari 29, 2020 @ 1:47 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: