Negara Apa Saja Yang Dikagumi Orang Indonesia?

balap jepang satria f150

Jepang mungkin adalah negara yang paling dikagumi. Mereka sering menjadikan Jepang sebagai contoh negara ideal yang seharusnya. Banyak orang Indonesia tumbuh menonton anime dan hidup dengan produk Jepang dalam kehidupan sehari-hari mereka. Sebagai hasilnya, mereka mengembangkan sentimen terhadap Jepang.

Selain mengagumi produk Jepang, mereka juga mengagumi kualitas yang ditemukan di kalangan orang Jepang. Orang Jepang dikenal disiplin, sopan, pekerja keras, dan perhatian. Kualitas-kualitas ini sangat dihargai oleh orang Indonesia.

Saya pikir AS dulu adalah negara yang paling dikagumi. Kembali di 70-an-90-an, orang-orang memuliakan segala sesuatu yang Amerika. Mereka berterima kasih kepada Amerika karena berperang melawan komunis dan membantu membebaskan Indonesia dari imperialisme Jepang. Produk-produk Amerika sangat populer dan apa pun yang mengatakan “Made in USA” dianggap sebagai nilai jual. Anak-anak 70an bermimpi menjadi seorang koboi, atau setidaknya bertingkah seperti koboi. Musik country Amerika sangat populer.

Tetapi sejak AS menginvasi Irak pada tahun 2003, diikuti oleh pendudukannya di Afghanistan, AS tidak lagi dipandang sebagai pahlawan. Infact, sekarang terlihat imperialis berusaha mendikte negara lain. Ketika Indonesia menjadi demokratis di akhir tahun 90-an, banyak yang telah belajar tentang dukungan Amerika bagi Israel melawan Palestina. Ini telah mengecewakan banyak Muslim, diikuti oleh fakta bahwa AS telah terlibat dalam banyak konflik Timur Tengah dalam beberapa dekade terakhir.

Namun, AS masih menjadi salah satu negara yang paling dikagumi oleh orang Indonesia, terutama di kalangan pemuda. Mereka sangat menghormati kesuksesan kewirausahaan orang Amerika. Anda dapat menemukan rantai makanan cepat saji Amerika ke mana pun Anda pergi. Bioskop selalu dipenuhi dengan film-film Amerika dan dijamin akan laku. Musik pop Amerika sangat populer di kalangan anak muda, meskipun tidak sepopuler sebelumnya karena kedatangan pop Korea. Starbucks tersedia di banyak mal dan tempat istirahat. Melihat bagaimana barang-barang Amerika ada di mana-mana, tidak sulit untuk memahami mengapa orang mengaguminya.

Sebagian besar orang Indonesia adalah anak muda dan ini berarti populasi kaum muda mewakili mayoritas. K-pop (budaya pop Korea Selatan) saat ini menjadi tren di kalangan pemuda dan sebagai hasilnya, banyak yang terobsesi dengan Korea Selatan. Hidangan Korea seperti kim chi dan bulgogi menjadi sangat populer di negara ini dan banyak yang menjadi akrab dengan frasa Korea. Keberhasilan Samsung juga merupakan faktor utama lain, yang menggantikan peran Jepang sebagai produsen elektronik terkemuka.

Negara lain yang dikagumi banyak orang Indonesia adalah Arab Saudi. Bagi sebagian Muslim, negara ini dipandang sebagai contoh terbaik peradaban Muslim yang ideal. Mereka mengagumi bagaimana nilai-nilai Islam diterapkan dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Saudi.

Terlepas dari 4 negara itu, banyak orang Indonesia juga sangat menghormati negara-negara Eropa, terutama yang lebih maju. Citra mereka tentang Eropa akan menjadi masyarakat yang sangat progresif dengan standar kehidupan yang tinggi dan kepedulian terhadap hak asasi manusia.

Baru-baru ini ada minat yang tumbuh di Cina, terutama karena perkembangan ekonomi dan teknologinya yang cepat.

Bagi kebanyakan orang Indonesia, Singapura adalah negara asing pertama atau kedua yang pernah mereka kunjungi (Bagi Muslim, yang pertama adalah Arab Saudi karena mereka berkewajiban melakukan ziarah ke Mekah.) Mereka mengagumi bagaimana semuanya begitu bersih dan teratur. Mereka juga bertanya-tanya bagaimana negara sekecil itu dengan sumber daya alam yang sangat miskin dapat menjadi sangat kaya.

Artikel ini terakhir diupdate padaMaret 27, 2020 @ 1:13 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: