ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Multi level marketing itu apa sih?

Multi level marketing memang fenomena modern yang umum di masyarakat Indonesia. Sosial media hingga lingkungan kampus dan fasilitas keagamaan, multi level marketing menyebabkan pemiliknya menjadi kaya raya dan cepat sukses secara keuangan dengan mudah. Mengapa ada banyak orang yang mengandalkan usaha multi level marketing? Mengapa ada banyak usaha multi level marketing di Indonesia berasal dari daratan cina?

Di Indonesia ada banyak sekali usaha multi level marketing yang telah sukses menipu orang Indonesia selama puluhan tahun. Dari tisnshi, tianjian, cni, dan beragam merek dan produknya yang menggunakan kesaksian dan penelitian palsu yang hanya bertujuan menguras uangmu untuk produk sampah yang dijual melalui perorangan.

Multi-Level Marketing (Hanzi sederhana: 传销; Hanzi tradisional: 傳銷; pinyin: chuán xiāo) pertama kali diperkenalkan ke Tiongkok oleh perusahaan Amerika, Taiwan, dan Jepang setelah reformasi ekonomi Tiongkok ditahun 1978. Peningkatan popularitas pemasaran multi-level ini bertepatan dengan ketidakpastian ekonomi dan pergeseran baru terhadap konsumerisme individu. Multi-Level Marketing dilarang di daratan oleh pemerintah pada 1998, mengutip masalah sosial, ekonomi, dan perpajakan.

Pada dasarnya setiap orang cina pada waktu itu ingin memperoleh kekayaan dengan cepat maupun membutuhkan penghasilan tambahan yang cepat. Pemikiran rakus ini justru menebak orang untuk memaksakan diri. Namun pemerintah komunis cina pun tidak tinggal diam. Dalam perkembangannya, pemerintah komunis cina juga mulai membentuk peraturan lebih lanjut “larangan Chuanxiao ” (di mana MLM adalah jenis Chuanxiao diundangkan di 2005, klausul 3 dari bab 2 dari peraturan negara memiliki downline adalah ilegal). O’Regan menulis ‘ dengan peraturan ini, Cina menjelaskan bahwa penjualan langsung tanpa badan hukum perorangan diijinkan di daratan, namun pemasaran multi-level tidak dan dilarang operasionalnya.

Perusahaan MLM asal Cina juga telah berusaha untuk menemukan cara-cara di sekitar larangan pemerintah Indonesia, atau telah mengembangkan metode lain, seperti penjualan langsung, untuk membawa produk mereka ke Indonesia layaknya melalui pengoperasian toko maupun kantor ritel. Di Indonesia segala bentuk mlm merupakan kegiatan yang ilegal, namun kamu perlu tahu, kalau mayoritas mlm di Indonesia itu berasal dari negeri komunis cina.

Pemerintah Cina komunis juga baru saja membuat peraturan baru tentang The direct sales. Perijinan dan peraturan di negeri Cina memang membatasi penjualan langsung dalam bentuk produk kosmetik, makanan kesehatan, produk saniter, binaraga peralatan dan peralatan dapur. Dan peraturan mewajibkan perusahaan Cina atau asing ( “”) yang bermaksud terlibat dalam bisnis penjualan langsung di Tiongkok daratan untuk mengajukan permohonan dan memperoleh lisensi penjualan langsung dari Departemen Perdagangan ( “MOFCOM “). Di Cina, pada tahun 2016, ada 73 perusahaan, termasuk perusahaan domestik dan Asing, yang telah memperoleh lisensi penjualan langsung. beberapa penjual pemasaran multi-level telah mengakali larangan ini dengan menetapkan alamat dan rekening bank di Hong Kong, di mana praktik tersebut legal, sementara menjual dan merekrut di daratan utama cina tetap ilegal.

Namun, aturan Itu tidak sampai Agustus 23, 2005 bahwa Dewan Negara Cina membuat peraturan yang ditangani secara khusus dengan operasi penjualan langsung-administrasi penjualan langsung (mulai berlaku pada tanggal 1 Desember 2005) dan peraturan untuk larangan chuanxiao (masuk ke dalam efek pada 1 November 2005). Ketika penjualan langsung diperbolehkan, pemerintah Cina komunis hanya akan mengizinkan di bawah persyaratan yang paling ketat, untuk memastikan operasi bisnis tersebut bukan skema piramida, MLM, atau operasi Fly-by-Night.

Nah bagaimana menurut kamu? Masih percaya dengan bisnis mlm? Uang haram dari mlm ini memang terlihat menjanjikan, cepet dan nikmat, namun bahkan dinegeri aslinya Republik Komunis Cina pun, multi level marketing dinyatakan ilegal, walaupun terlambat diatur negara tersebut. Bagaimana menurutmu? Ayo persiapkan masa depanmu dan manfaatkan uangmu untuk investasi otak dan Skill sekarang!


Sumber: Scmp

Artikel ini terakhir diupdate padaJanuari 14, 2020 @ 9:34 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: