ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Mengenal suku Lingon Indonesia yang matanya Biru Bule

BATAMAX.COM LINGON TRIBE INDONESIA

Dari sekian banyak suku di Indonesia, ada satu suku yang memiliki ciri khas seperti orang Eropa, dengan mata birunya. Mereka adalah suku Lingon yang tinggal di dalam hutan Halmahera. Mungkin, tidak banyak yang mengetahui keberadaan suku ini karena letaknya di tempat terpencil dan jarang terlihat oleh dunia luar, meski Pulau Halmahera sendiri adalah salah satu pulau terbesar di Maluku. Ciri fisik penduduk Suku Lingon yang seperti orang Eropa.

Suku Lingon bukanlah suku yang berasal dari ras Weddoid, Melanesia, Polinesia, ataupun Mongoloid seperti kebanyakan penduduk di Halmahera. Suku ini justru termasuk dalam ras kaukasoid, sehingga tampilan fisik mereka menyerupai orang Eropa. Konon beberapa ratus tahun yang lalu, ada sebuah kapal Eropa yang karam dan tenggelam di perairan Halmahera. Beberapa penumpang yang selamat dan terdampar di pulau ini kemudian menetap di pulau ini.

Hal itulah yang diduga menjadikan orang Eropa tersebut sebagai asal-usul nenek moyang Suku Lingon. Mereka menetap selama ratusan tahun, kemudian mulai membentuk kelompok suku sendiri.

Ada yang mengatakan bahwa suku Lingon juga menganut kepercayaan animisme dan dinamisme, seperti kepercayaan awal suku lain di Nusantara.Secara fisik, penampilan masyarakat suku Lingon memang sangat mirip dengan orang Eropa.Mereka memiliki tubuh lebih besar daripada ukuran tubuh orang Indonesia pada umumnya.

Kulit mereka putih, dengan karakter wajah yang membuat mereka sedikit banyak mirip dengan masyarakat Eropa. Ada dugaan bahwa suku Lingon sebenarnya sudah punah, meski belum ada penelitian yang bisa membuktikan hal tersebut. Ada pula yang mengatakan bahwa orang suku Lingon sudah berbaur dengan suku-suku lain di Kepulauan Maluku.

source: Wikipedia


Artikel ini terakhir diupdate padaMei 25, 2018 @ 11:18 am

One thought on “Mengenal suku Lingon Indonesia yang matanya Biru Bule

Comments are closed.

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: