ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Mengenal penemu mouse komputer Douglas Engelbart

Manusia moderen tidak bisa hidup terlepas dari komputer dan mouse!. Ya mouse yang merupakan alat bantu operasional komputer sudah digunakan didunia komputer selama lebih dari 30 tahun loh!. Mouse tidak bisa tergantikan terutama bagi kamu yang hobi bermain game maupun pekerja kantoran yang setiap hari menghabiskan lebih dari 6 jam didepan monitor.

Walaupun Apple dan Steve Job menipu publik dunia dengan mengatakan mereka yang menemukan mouse, sebenarnya aksesoris ini ditemukan oleh pak Douglas Carl Engelbart (30 Januari 1925 – 2 Juli 2013). Beliau merupakan seorang insinyur dan penemu Amerika, dan seorang perintis komputer dan internet awal. Dia beralasan bahwa karena setiap tahun permasalahan dunia semakin meningkat. Beliau yakin bahwa setiap upaya untuk meningkatkan dunia akan membutuhkan koordinasi kelompok orang, cara yang paling efektif untuk menyelesaikan masalah adalah dengan meningkatkan kecerdasan manusia dan mengembangkan kecerdasan kolektif. Dia percaya bahwa komputer, akan menjadi alat penting bagi pekerja pengetahuan masa depan untuk memecahkan masalah tersebut.

Steve job mengenal mouse dan komputer berlayar warna pada tahun 1979 setelah mengunjungi badan penelitian dari perusahaan Xerox yaitu PARC. Steve Job terkesima pad komputer tersebut dan kemudian meniru ide dari pak Douglas, sayangnya Steve Job mengaku-ngaku bahwa Apple lah yang menemukan mouse sampai akhir tahun 80an. Banyak publik dunia tertipu pada masa itu.

Pada tahun 1945, Engelbart telah membaca dengan penuh minat artikel Vannevar Bush “As We May Think”, seruan bertindak untuk membuat pengetahuan tersedia secara luas sebagai tantangan besar perdamaian nasional. Dia juga telah membaca sesuatu tentang fenomena komputer dari pengalamannya sebagai teknisi radar, dia tahu bahwa informasi dapat dianalisis dan ditampilkan di layar.

Pada awal 1950-an, dia memutuskan daripada “memiliki pekerjaan tetap” – seperti posisinya di Pusat Penelitian Ames – dia akan fokus menjadikan dunia lebih baik. Pak Douglas memang orang yang visioner, dia tidak hanya menemukan mouse tetapi juga tampilan grafik komputer dilayar yang berwarna seperti hallnya televisi. Beliau membayangkan para pekerja intelektual yang duduk di “stasiun kerja”, terbang melalui ruang informasi, memanfaatkan kapasitas intelektual kolektif mereka untuk memecahkan masalah-masalah penting bersama. Memanfaatkan kecerdasan kolektif, difasilitasi oleh komputer, menjadi misi hidupnya.

Sebagai seorang mahasiswa pascasarjana di Berkeley, beliau menghasilkan delapan hak paten dan tetap tinggal di univeritas Berkeley sebagai asisten profesor selama setahun. Engelbart kemudian membentuk perusahaan, Teknik Digital, untuk mengkomersilkan beberapa penelitian doktornya pada perangkat penyimpanan data.

Di bawah bimbingan Engelbart, Pusat Penelitian Augmentasi dikembangkan, dengan pendanaan terutama dari DARPA, NLS untuk mendemonstrasikan berbagai teknologi, yang sebagian besar sekarang digunakan secara luas; ini termasuk mouse komputer, layar bitmap, hypertext; semua yang ditampilkan di “The Mother of All Demos” pada tahun 1968. Laboratorium dipindahkan dari SRI ke Tymshare pada akhir tahun 1970, yang diakuisisi oleh McDonnell Douglas pada tahun 1984, dan NLS diubah namanya Augment. Baik di Tymshare dan McDonnell Douglas, Engelbart dibatasi oleh kurangnya minat pada ide-idenya dan pendanaan untuk mengejar mereka, dan pensiun pada tahun 1986.

Pak Engelbart menanamkan serangkaian prinsip pengorganisasian di labnya, yang ia sebut “bootstrapping”. Keyakinannya adalah bahwa ketika sistem manusia dan sistem alat diselaraskan, manusia bisa mencapai tingkat kemajuan yang semakin cepat.

Karir Engelbart mulai melesat pada bulan Desember 1950 ketika ia bertunangan untuk menikah dan menyadari bahwa ia tidak memiliki tujuan karier selain “pekerjaan tetap, menikah dan hidup bahagia selamanya”. Selama beberapa bulan dia beralasan bahwa:

  1. dia akan memfokuskan karirnya untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik

  2. upaya serius apa pun untuk membuat dunia lebih baik akan membutuhkan semacam upaya terorganisir yang memanfaatkan kecerdasan manusia kolektif semua orang untuk berkontribusi pada solusi efektif.

  3. jika Anda dapat secara dramatis meningkatkan cara kami melakukannya, Anda akan meningkatkan setiap upaya di planet ini untuk memecahkan masalah penting – lebih cepat lebih baik

  4. komputer dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan manusia secara dramatis.

Dia terkenal karena karyanya pada bidang interaksi manusia-komputer, terutama ketika di Laboratorium Pusat Penelitian Augmentasi di SRI International, yang menghasilkan penciptaan mouse komputer, dan pengembangan hypertext, jaringan komputer, dan tampilan antarmuka pengguna grafis. Ini ditunjukkan pada pameran The Mother of All Demos pada tahun 1968. Pak Douglas juga menemukan Hukum Engelbart, yaitu kinerja manusia akan meningkat secara eksponensial, jika tampilan software komputer bisa interaktif dan nyaman digunakan.

Pada tahun 1988, Douglas Engelbart dan putrinya Christina meluncurkan Bootstrap Institute – yang kemudian dikenal sebagai The Doug Engelbart Institute – untuk mempromosikan visinya, terutama di Stanford University; upaya ini menghasilkan pendanaan DARPA untuk memodernisasi antarmuka pengguna Augmented reality atau dunia manipulasi virtual. Pada bulan Desember 2000, Presiden Amerika Serikat Bill Clinton memberikan Engelbart Medali Teknologi Nasional, penghargaan teknologi tertinggi AS. Pada bulan Desember 2008, Engelbart dihormati oleh SRI pada peringatan 40 tahun “Mother of All Demos”. Univeristas Stanford dan Berkley kemudian sangat dikenal di Amerika serikat sebagai universitas penghasil inovator komputer ternama dan terkaya.


Sumber:

Youtube

Artikel ini terakhir diupdate padaJuni 3, 2018 @ 6:29 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: