Mengenal Pahlawan Nasional Asal PAPUA Mayor TNI Johannes Abraham Dimara

0
42
fortuner.id Johannes Abraham Dimara
fortuner.id Johannes Abraham Dimara

Mayor TNI Johannes Abraham Dimara adalah putra asli Papua yang lahir di Korem, Biak Utara, Papua pada 16 April 1916. Pada tahun 1946 ia ikut serta dalam peristiwa pengibaran Bendera Merah Putih di Namlea, Pulau Buru, Maluku. Ia juga ikut berjuang untuk mengembalikan Irian Barat ke wilayah Indonesia. Pada tahun 1950 ia diangkat menjadi ketua OPI (Organisasi Pembebasan Irian Barat).

Johannes kemudian menjadi anggota TNI dan melakukan infiltrasi ke Irian Barat di tahun 1954 sehingga ditangkap oleh tentara Belanda dan dibuang ke Digul sampai dibebaskan tahun 1960. Ia ikut menyerukan Trikora bersama Bung Karno di Yogyakarta dan menyerukan seluruh masyarakat Irian Barat agar mendukung penyatuan wilayah Irian Barat ke dalam NKRI. Pada tahun 1962 ketika diadakan perjanjian New York, Johannes menjadi salah satu delegasi bersama Menteri Luar Negeri Indonesia.

Isi perjanjian tersebut pada akhirnya mengharuskan pemerintah kerajaan Belanda untuk menyerahkan wilayah Irian Barat kepada Pemerintah RI. Sejak itulah wilayah Irian Barat menjadi bagian dari NKRI. Johannes wafat pada tanggal 20 Oktober 2000 dan mendapat penghargaan berupa tanda jasa Satyalancana Perang Kemerdekaan Kesatu dan Satyalancana Bhakti. Pemerintah juga menganugerahkan gelar pahlawan nasional dari Papua pada tahun 2011.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here