ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Kenapa RUANG GURU itu Gak Guna, dan Merusak?

Saat ini ada banyak metode dan cara belajar yang bisa kamu gunakan. Les berbayar berbasis aplikasi langganan seperti Ruang Guru adalah start up yang inovatif dan menawarkan kemudahan tanpa perlu tatap muka. Bisa kita lihat memang semakin banyak layanan menggunakan aplikasi seluler dan jumlah unduhan aplikasi seluler yang terjadi setiap tahun membenarkan hal itu. Menurut sebuah laporan, jumlah aplikasi seluler yang diperkirakan akan diunduh di seluruh dunia pada 2017 berjumlah 2,6 juta! Namun cara belajar seperti itu sebenarnya tidak efektif. Mengapa demikian?

Ada alasan mengapa semakin banyak perusahaan memompa uang ke dalam teknologi pembelajaran seluler dan pengembangan aplikasi seluler dari tahun ke tahun. Aplikasi seluler adalah salah satu tren pembelajaran seluler terpopuler yang mendorong pasar saat ini. Menurut laporan, pendapatan tahunan global yang dihasilkan oleh aplikasi seluler akan menjadi $ 70 miliar pada 2017.

Tahukah Kamu Bahwa Metode Pembelajaran Online Ini sama sekali tidak bisa membantu anak – anak belajar bersosialisasi. Aplikasi ini mungkin bahkan beresiko mengganggu dan merusak perilaku, fisik dan kemampuanmu dalam belajar.

Kenapa Ya? Kok Bisa?

  1. Harus PUNYA smartphone dan koneksi internet memadai guna mengikuti kursus aplikasi online, jadi buat kalian yang tidak bisa punya smartphone atau koneksi tidak stabil alias sama sekali tidak bisa menikmati aplikasi berbayar tersebut.
  2. Sulitnya bagi orang tua untuk mengetahui perkembangan belajar anaknya. Walaupun ada beragam aplikasi belajar kursus yang dirancang untuk melihat materi Pembelajaran secara offline untuk pelajar di perangkat seluler, orang tua tidak bisa berkonsultasi dan bertanya kepada gurunya. Akses internet juga diperlukan untuk melacak kemajuan peserta didik melalui Learning Management Systems yang harus pula dipelajari orang tua.
  3. Tahukah kamu bahwa 1 jam saja melihat layar Smartphone ataupun Monitor Membuat Retina mata mu Kecapekan sehingga dapat menyebabkan Rabun? artinya belajar di ruang guru sama main Game online mendapatkan dampak negatif yang sama juga.
  4. Manfaat Kursus umumnya bukan Hanya untuk mendapatkan nilai raport yg bagus serta Ilmu saja, tapi juga berguna untuk mendapatkan Teman baru dan ilmu mengutarakan pendapat dan bekerja sama. Kursus dengan metode tatap muka menciptakan Hubungan sosial interaktif sehingga anak tersebut atau orang yang mengikuti kursus belajar bermasyarakat serta membentuk pola prilaku yang bersifat positif. Aplikasi instan hanyalah berorientasi uang semata, sehingga aplikasi seperti ruang guru hanyalah aplikasi merusak lingkaran pertumbuhan sosial pada anak, membuat matamu rusak, mengubah karakter kamu menjadi seorang yang tidak percaya diri dan penyendiri dan dapat berefek samping terhadap jiwa sesorang bahakan menyebabkan tumbuhnya sifat antisocial.
  5. Susah fokus pada metode belajar melalui aplikasi memang wajar. Ada banyak game, sosial media, notifikasi musik maupun aplikasi lainnya di handphone yang mengganggu dan memecahkan konsentrasi.
  6. MERUSAK TATANAN pendidikan dan Pancasila, KOK BISA? ruang guru pada umunya bentuk ekonomi digital liberal yang dijalankan oleh orang kaya guna mengeruk keuntungan sebesar besarnya. Orientasi kapitalisme ini justru bisa merubah tatanan pendidikan informal seperti kursus dianggap menjadi lebih gampang dan fleksibel. Hal ini bisa menimbulkan jarak perbedaan dengan pendidikan formal yang diwajibkan. Sering kali perusahaan pembuat aplikasi juga tidak memiliki kredibilitas pengajaran dan keamanan data pengguna. Mereka bisa saja menyimpan data pribadi mu dan hanya akan menjual data pengguna kepada pembeli dengan harga tertingg
  7. INFORMASI data penguna ruang guru dapat dijual ruang guru itu sendiri kesiapapun bahkan hingga Negara lain dikarenakan kita tidak tahu untuk apa data pendaftar digunakan. Mereka bukanlah perusahaan terbuka yang data dan permodalannya transparan seperti GOOGLE ataupun FACEBOOK ataupun diatur oleh badan resmi pemerintahan. Dunia internet ini kejam bisa saja data dirimu dijual untuk kepentingan Politik Pemecah Negara.
  8. Merusak Citra dan SOSOK GURU sendiri sehingga pekerjaan Guru tidak bisa diteladani Generasi penerus bangsa dan anak – anak akan berfikir pesimis dan negatif dengan pekerjaan Guru itu sendiri.

Jadi Kalian Masih Ingin belajar melalui aplikasi online seperti RUANG GURU? Lebih baik sama kakak kakak mahasiswa keguruan, guru kursus lokal n pengajar yang baik deh…

Terima kasih Ruang guru telah merusak citra guru….

author: fortuner.id


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini terakhir diupdate padaJuli 16, 2019 @ 12:09 pm

One thought on “Kenapa RUANG GURU itu Gak Guna, dan Merusak?

  1. nadin says:

    Menurutku segala sesuatu ada positif & negatifnya sih ga ada yang sempurna. Kalau kamu memandang segala sesuatu cuma dari segi negatifnya aja, ya emang mau gimanapun manfaatnya, tetep negatif dimata kamu. Sukses selalu mas

Comments are closed.

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: