ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Melon seharga Ratusan Juta Yubari King Jepang

Sepasang buah melon premium Yubari terjual dalam lelang di Jepang dengan harga fantastis, yakni US$ 29.300 atau Y 3,2 juta atau sekitar Rp 413 juta. Kok bisa yah?

Melon Yubari (張 メ ロ ン) merupakan melon super manis yang ditanam di rumah kaca di Yubbari, Hokkaido, sebuah kota kecil yang dekat dengan Sapporo. The Yubari King adalah hibrida atau dua kultivar blewah lainnya: Earl’s Favorite dan Burpee’s “Spicy” Cantaloupe. Nama ilmiah hibrida adalah Cucumis melo L. var. reticulatus Naud. cv. Raja Yubari.

Melon kelas atas bulat sempurna dan memiliki kulit yang sangat halus. Sebagian suara, yang dipotong dengan gunting, dibiarkan di atas untuk daya tarik estetika. Beberapa orang Jepang mempersembahkan melon Yubari King sebagai hadiah selama Chūgen (中元)

Sepasang melon ini terjual saat lelang pada Sabtu 26 Mei 2018. Selain cita rasa, buah melon bagi warga Jepang menjadi simbol status. Musim panen melon pun menarik perhatian pembeli yang mencari prestise dalam status sosial, atau pemilik toko yang ingin menarik pelanggan dengan sensasi rasa mewah.

Pemenang lelang adalah perusahaan pengemasan buah lokal untuk melon Yubari yang memecahkan rekor dunia sebagai harga melon termahal dalam lelang yang digelar di pasar induk Sapporo, Hokkaido, Jepang. Angka penjualan melon sepadan untuk membeli mobil baru di Jepang dan memecahkan rekor melon termahal sebelumnya seharga Y 3 juta atau Rp 387 juta dua tahun silam.

“Melon Yubari tumbuh sangat baik musim ini karena sinar matahari bersinar terus sejak awal Mei,” ujar pengurus pasar, Tatsuro Shibuta, seperti dilaporkan Channel News Asia, 26 Mei 2018.

Melon Yubari dikenal sebagai buah yang meningkatkan status sosial di Jepang, seperti layaknya wine di Eropa. Kualitas melon Yubari yang bagus bertekstur lembut dengan kulit berpola.

Buah melon memang menjadi lambang status sosial karena umat Buddha percaya Buddha memberikan buah melon sebagai persembahan kepada para dewa, dan ini dilihat sebagai simbol rasa hormat di Jepang, seperti dilansir dari Reader’s digest.

Pemberian hadiah adalah bagian penting dari budaya Jepang, baik untuk atasan, kerabat, tetangga, tuan rumah, atau sebagai ucapan terima kasih, dan buah melon adalah pilihan umum untuk menunjukkan status

source: kompas


Artikel ini terakhir diupdate padaMei 28, 2018 @ 8:19 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: