Apa Makanan Astronot Diluar Angkasa? ada Indomie?

astront fortuner.id

Makanan luar angkasa merupakan jenis produk makanan yang dibuat dan diolah untuk dikonsumsi oleh para astronot selama misi ke luar angkasa. Makanan memiliki persyaratan khusus untuk memberikan nutrisi seimbang bagi individu yang bekerja di luar angkasa, sekaligus mudah dan aman untuk disimpan, disiapkan, dan dikonsumsi di lingkungan tanpa bobot yang dipenuhi mesin dari pesawat ruang angkasa berawak.

Dalam beberapa tahun terakhir, makanan luar angkasa telah digunakan oleh berbagai negara yang terlibat dalam program luar angkasa sebagai cara untuk berbagi dan memamerkan identitas budaya mereka dan memfasilitasi komunikasi antar budaya. Meskipun astronot mengonsumsi berbagai macam makanan dan minuman di luar angkasa, gagasan awal dari The Man in Space Committee of the Space Science Board pada tahun 1963 adalah untuk memberi astronot makanan formula yang akan memasok semua vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mereka saat bertugas diluar angkasa sana.

Kita tau diluar angkasa gak ada gravitasi sehingga semua benda bakal melayang kemana-mana. Makanan yang diberikan keastronot pun harus khusus agar tidak menjadi masalah diluar angkasa. Nah langsung aja kita bahas.

Secara historisnya makanan luar angkasa biasanya mengalami dehidrasi atau disediakan dalam bentuk pasta dan dimakan dari tabung. Saat merencanakan makanan mana yang akan dikirim ke luar angkasa, mereka dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu :

Makanan segar, hasil bumi dengan masa simpan dua hari seperti buah dan sayuran didinginkan di dalam pesawat ruang angkasa dan dikonsumsi dengan cepat untuk menghindari pembusukan. Karena vitamin dan nutrisi umumnya dapat dipenuhi dengan cara lain, produk ini dikirim untuk menjaga semangat tinggi.

Makanan iradiasi, daging dan produk susu telah diaplikasikan radiasi pengion sebelum pengemasan. Ini meningkatkan umur simpan barang dan mengurangi risiko yang terkait dengan kontaminasi mikroba.

astronot fortuner.id
astronot fortuner.id

Kelembaban sedang, makanan ini mengandung sedikit air dan seringkali bertekstur lembut. Proses seperti penggaraman atau pengeringan matahari digunakan dalam pembuatan barang-barang ini dan tidak memerlukan persiapan lebih lanjut.

Makanan berbentuk alami, makanan seperti kacang-kacangan, biskuit, dan cokelat batangan dikemas sederhana dan siap untuk dimakan.

Termostabil, perlakuan panas digunakan untuk menyiapkan banyak ‘makanan siap saji’. Bakteri dimatikan dalam proses ini dengan menerapkan panas dan kemudian dengan cepat menyegel produk dalam kemasan kedap udara.

astronot fortuner.id
astronot fortuner.id

setelah tau makanan seperti apa yang dapat dimakan astronot sekarang kita akan membahas makanan yang di makan di stasiun luar angkasa milik AS yaitu ISS.

Setiap dua bulan, sebuah pesawat ruang angkasa otomatis, seperti ‘Automated Transfer Vehicle’ Badan Antariksa Eropa atau pesawat ruang angkasa ‘Progress’ Rusia, berlabuh dengan ISS yang sarat dengan buah segar, air, dan makanan yang dikemas sebelumnya.

Minuman berkarbonasi telah dicoba di luar angkasa tetapi tidak disukai karena perubahan sendawa yang disebabkan oleh gayaberat mikro. Tanpa gravitasi untuk memisahkan cairan dan gas di dalam perut, hasil sendawa akan menyebabkan muntah yang disebut “sendawa basah”. Produsen raksasa minuman dan makanan instan asal Amerika Serikat Coca-Cola dan Pepsi pertama kali dibawa pada STS-51-F pada tahun 1985. Coca-Cola telah terbang pada misi berikutnya dalam dispenser yang dirancang khusus yang menggunakan perangkat keras BioServe Space Technologies yang digunakan untuk eksperimen biokimia. Stasiun Luar Angkasa Mir membawa kaleng Pepsi pada tahun 1996.

Astronot membuat dan makan hamburger di atas kapal ISS, Agustus 2007.

Bir juga telah dikembangkan yang melawan pengurangan penerimaan rasa dan bau di ruang angkasa dan mengurangi kemungkinan bersendawa basah dalam gayaberat mikro. Diproduksi oleh Vostok 4-Pines Stout, eksperimen penerbangan parabola memvalidasi bahwa resep pengurangan karbonasi memenuhi kriteria yang dimaksudkan untuk ruang angkasa. Barley yang dipanen dari tanaman yang ditanam selama beberapa generasi di luar angkasa juga telah dibawa kembali ke Bumi untuk menghasilkan bir. Meskipun bukan makanan luar angkasa (menggunakan resep ‘Bumi’ berkarbonasi tinggi yang sama), penelitian ini menunjukkan bahwa bahan yang ditanam di luar angkasa aman untuk produksi.

Roti luar angkasa terbukti sulit dipahami karena berbagai tantangan. Pada 2012, sebuah metode disarankan di mana adonan diberi ragi oleh CO2 terlarut (bukan ragi) dan dimasak dengan proses suhu rendah, yang memungkinkan roti segar dipanggang dari bahan curah pada penerbangan luar angkasa di masa mendatang.

Untuk membangun persahabatan antara kebangsaan yang berbeda di dalam ISS, para astronot memilih dari berbagai menu makanan dari negara mereka yang dibagikan dengan rekan satu tim mereka. Misalnya, Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) telah menemukan mie yang dapat dihidrasi ulang dan Cina menciptakan ayam Kung Pao yang diproses secara khusus. Pada tahun 2014, Badan Antariksa Italia (ASI) menciptakan ISSpresso, mesin kopi yang dirancang khusus untuk ruang dan kondisi gravitasi rendah. Kopi espresso pertama diminum di luar angkasa oleh astronot Samantha Cristoforetti pada 3 Mei 2015.

Nah itulah makanan yang dapat dimakan oleh astonot diluar angkasa, pastinya ribet gimana cara makan ditempat yang tidak ada gravitasinya dan pastinya saat makan membutuhkan alat bantu lain. Sekarang apakah agan semua ada yang kepengen jadi astronot?.

————-

source: 

https://spaceflight.nasa.gov/shuttle/reference/factsheets/food.html

http://www.nasa.gov/audience/formedia/presskits/spacefood/gallery_iss005e16336.html

http://www.nasa.gov/centers/johnson/slsd/about/divisions/hefd/project/advanced-foods.html

Artikel ini terakhir diupdate padaNovember 24, 2020 @ 2:01 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: