Apa Benar Kura 2 dan Penyu Hewan Purba Hidup Dari Jaman Dinasaurus

FORTUNER.ID

Monster mirip kadal itu sebetulnya memang kadal, yang diklasifikasikan dalam kelompok Mosasauria. Mosasauria adalah kadal raksasa yang berevolusi menyesuaikan kehidupan di laut (seperti paus dan lumba-lumba modern) dan merubah keempat kaki serta ekor mereka menjadi sirip dan dayung. Ukurannya pun jadi hingga sepanjang 18 meter—enam kali lipat panjang komodo terbesar!

Mosasaurus berkerabat dengan Varanidae alias keluarga kadal biawak, di mana komodo termasuk di dalamnya. Makanya, sebut saja dia “kadal”.

Tapi tentu saja bukan komodo. Keluarga Varanidae baru eksis di Bumi jauh setelah dinosaurus punah. Jadi, Varanus komodoensis alias komodo tidak pernah berdampingan dengan dinosaurus non-avian.

Lain halnya dengan penyu, karena ordo Chelonia sudah hidup di Bumi sejak Periode Triasik, kira-kira sama tuanya dengan dinosaurus. Penyu berawal dari ukuran yang kira-kira sama dengan penyu modern, namun menjelang akhir Periode Kretaseus, mereka jadi besar ….

FORTUNER.ID
FORTUNER.ID

Ini adalah kerangka Archelon ischyros (secara harfiah berarti: “Kura-kura purba yang kuat”) dan merupakan penyu laut terbesar yang pernah hidup. Panjang total tubuhnya sekitar tiga atau empat meter dengan bobot lebih dari satu ton.

Penyu-penyu purba hidup di laut dan mereka bertetangga dengan kerabat komodo yang menyebalkan itu.

Source: Emha DAFFA

Artikel ini terakhir diupdate padaJuni 23, 2020 @ 10:56 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: