ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Kenapa warna sampul paspor berbagai negara berbeda-beda?

fortuner.id pasport hebat

Pernakah kamu berkunjung keluar negeri dan sambil mengantri di imigrasi melihat traveler lain memegang pasport beragam warna sampulnya?.

Paspor merupakan dokumen identitas pribadi setara KTP yang wajib dan penting harus dipunya oleh orang yang ingin berkunjung ke luar negeri. Paspor seperti identitas yang sah saat kemu akan berkunjung menjelajahi luar negeri. Tapi ternyata paspor dari berbagai negara memiliki warna yang berbeda, seperti paspor Indonesia yang berwarna hijau dan paspor Selandia berwarna hitam.

Sebenarnya tidak ada aturan khusus terkait dengan warna paspor di seluruh dunia, namun ada beberapa negara memilih warna tertentu didasarioleh faktor kondisi geografis, politik bahkan agama.

Berikut warna-warna paspor dari setiap negara beserta dengan artinya.

1. Paspor Merah

Paspor merah basanya digunakan oleh negara-negara Uni Eropa seperti Turkim Bolivia, Kolombia, Ekuador, Peru.

Namun tidak semua negara Uni Eropa mempunyai paspor berwarna merah, seperti Kroasia.

Paspor Kroasia berwarna sangat gelap dan cenderung hitam.

2. Paspor Biru

 

Warna biru biasanya kerap digunakan sebagai simbol ‘dunia baru’ di negara-negara kawasan Karibia.

Pemegang paspor berwarna biru ini adalah warga Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Selatan, Kanada, Hongkong, negara di Kepulauan Pasifik dan sejumlah negara di Afrika.

Ada beberapa negara yang memiliki paspor berwarna biru namun dengan biru yang berbeda seperti Australia dengan paspor warna biru gelap, sementara Fiji cenderung biru langit.

3. Paspor Hijau

Warna hijau biasanya digunakan oleh negara-negara Islam atau negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam.

Negara seperti Arab Saudi, Maroko, Pakistan memilih warna hijau pada paspor mereka karena alasan agama.

Warna hijau diyakini sebagai warna favorit Nabi Muhammad dan dikaitkan dengan alam dan kehidupan.

Selain itu, ada juga beberapa negara lainnya yang menggunakan paspor hijau seperti Mesir, Indonesia, Vietnam, Meksiko, Nigeria, Zimbabwe dan Pantai Gading.

Dahulu Amerika Serikat juga memiliki paspor hijau namun pada tahun 1976 diubah menjadi biru.

4. Paspor Hitam

Beberapa negara yang memilih warna hitam di paspornya dikarenakan alasan kegunaan praktisnya. Warna gelap digunakan agar kotoran tidak terlalu terlihat, dan juga warna hitam terlihat lebih resmi dan elegan. Negara yang memilih warna hitam untuk paspor merka adalah Botswana, Zambia dan Selandia Baru.

Sebenarnya ada satu warna lagi, yaitu warna putih. Paspor warna putih digunakan oleh India dan Amerika Serikat namun paspor ini tidak digunakan untuk banyak orang.

Paspor berwarna putih di India digunakan untu k mereka yang menjabat di pemerintahan, sedangkan AS hanya untuk warna negara yang tinggal di luar negeri lebih dari satu tahun.


 

Artikel ini terakhir diupdate padaOktober 27, 2018 @ 5:53 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: