fortuner.id susu bubuk
fortuner.id susu bubuk

Dibandingkan dengan Negara lain, Jepang dikenal sebagai Negara yang terkenal dengan disiplin dan pola hidup paling sehat. Beberapa penelitian kesehatan, penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Tingkat obesitas di Jepang hanya 3,5% dari total penduduk. Tingkat kanker payudara, kanker postat dan penyakit mematikan no.1 seperti jantung pun lebih rendah.

Kenapa? Karena gaya hidup orang jepang sangat teratur dan menyehatkan. Dilansir dari Dailymail, ada alasan yang membuat orang Jepang terlihat awet muda, sehat dan panjang umur. Yuk, ikuti 9 kebiasaan orang Jepang berikut ini!

9 Gaya Hidup Orang Jepang Membuat Sehat dan Panjang Umur

9 Gaya Hidup Sehat Orang Jepang:

1. Pencuci Mulut yang Sehat dengan Membatasi yang Manis

Rata-rata orang Amerika mengkonsumsi 100 gram gula per hari, hal ini biasanya yang diikuti orang Indonesia. Sementara orang Jepang jarang sekali mengkonsumsi makanan manis atau makanan penutup, hanya mengkonsumsi 48,8 gram gula per hari. orang Jepang memilih pencuci mulut yang tepat, mereka lebih memilih buah-buahan atau teh hijau (ocha) sehingga dapat terhindar dari penyakit diabetes dan obesitas.

2. Konsumsi Rumput Laut

Serat pangan dari laut ini banyak di konsumsi di Jepang. Rumput laut adalah salah satu makanan yang memiliki zat antioksidan yang tinggi di dalamnya sehingga mampu menghambat penyerapan lemak dalam tubuh. Manfaat lain dari rumput laut yaitu mampu meningkatkan pengolahan lemak dalam tubuh hingga 4 kali lipat, maka cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan.

3. Tidak Menunggu Kenyang

Makan makanan berlebih memang membuat perut kenyang, itulah yang biasa kita orang Indonesia lakukan. Berbeda dengan orang Jepang, mereka mempunyai prinsip “hara hachi bu” yang artinya “makanlah sampai perutmu penuh 8/10 bagian”. Makan dengan perlahan juga akan membuat makanan lebih mudah dicerna. Kebiasaan inilah yang membuat orang Jepang langsing dan sehat.

4. Selalu Konsumsi Ikan

Ingin memiliki kulit yang berkilau tanpa bantuan bahan kimia? Konsumsi banyak ikan ya, moms. Seperti orang Jepang, mereka makan ikan 100 gram sehari. Dalam ikan sangat tinggi kandungan asam lemak omega 3, yang merupakan lemak sehat untuk kesehatan otak dan jantung kamu. Yuk, ganti konsumsi daging merah dengan ikan!

5. Tinggalkan Kendaraan dan Selalu Berjalan Kaki

Inilah salah satu kebiasaan orang Jepang yang masih ada sampai saat ini. Mereka lebih menyukai berjalan kaki daripada naik kendaraan pribadi, waw beda banget kan sama di Indonesia. Orang Jepang berjalan kaki setiap pergi kemana saja, entah itu ke sekolah, kantor ataupun hanya sekedar ke taman. Hal itulah yang membuat orang Jepang terlihat bahagia, bugar dan awet muda. Ssst, dengan berjalan kaki sangat mengurangi polusi udara lho. Terapkan kebiasaan baik ini di Indonesia, yuk!

6. Pola Hidup Seimbang dan Cinta Sayuran

Pola hidup cinta sayuran

Orang Jepang terkenal dengan pekerja keras dan selalu menjaga kesehatan , tapi mereka selalu menerapkan pola hidup yang seimbang untuk selalu hidup sehat. Mereka mengimbanginya dengan banyak mengkonsumsi sayuran. Hampir dalam seluruh menu makanan Jepang pasti menyisiplan sayuran di dalamnya. Mereka juga selalu menyempatkan waktu untuk beristirahat, tidak membuang-buang waktu untuk sekedar bermain setelah seharian beraktivitas. Itulah sebabnya orang Jepang memiliki indeks kesehatan terbaik di dunia.

7. Makan ‘Bakteri’ dan Tofu

Bakteri ada yang memiliki manfaat positif untuk kesehatan pencernaan. Salah satunya yang paling mudah ditemui adalah bakteri yang terdapat di yogurt dan acar. Tofu juga baik untuk kesehatan karena mengandung isoflavon tinggi yang baik untuk hormon dan terhindar dari penyakit osteoporosis saat wanita memasuki masa menopause. Maka dari itu, orang Jepang sangat menyukai yogurt, acar dan tofu sebagai menu tambahan makan siang.

8. Karbohidrat Bukan Hanya Dari Nasi

Orang Jepang tidak sering mengkonsumsi nasi, mereka memiliki banyak sumber karbohidrat yang mudah ditemui di Indonesia. Contohnya kentang, ubi, udon (mie dari beras), soba (mie dari tepung gandum) dan sereal. Di Jepang, ubi bakar dijual dengan harga cukup mahal yaitu sekitar ¥400 atau 40ribu rupiah. Berbeda dengan Indonesia, ya! Ubi dijual dengan harga 15-20ribu per kilogram. Nah, oleh karena itu orang Jepang lebih menghargai ubi dan mereka bangga mengkonsumsinya.

9. Mengolah Makanan Sebentar Saja

Makanan yang dibuat di setiap Negara umumnya di proses dengan waktu yang lama, baik itu di rebus, goring, bakar atau tumis. Berbeda dengan lainnya, orang Jepang mengolah makanan dalam waktu yang singkat. Karena dengan tidak di masak terlalu lama maka gizi yang terdapat di dalam bahan masakan tidak akan hilang ataupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik. Bahkan yang sudah kita ketahui, orang Jepang sangat menyukai makan makanan mentah, terutama ikan yang baunya amis.

Itulah 9 kebiasaan baik orang Jepang yang bisa kamu tiru supaya hidup lebih sehat, awet muda dan panjang umur. Terapkan kebiasaan ini setiap hari mulai dari sekarang,