ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Kenapa Permen Karet Dilarang Di Singapura Sedangkan Rokok Tidak?

www.fortuner.id-buble-gum

Tahukan kamu? Di Singapura ada aturan larangan untuk menjual dan mengkonsumsi permen karet.

Peraturan unik ini diberlakukan sejak tahun 1992, . Kira-kira kenapa, ya

Peraturan untuk kebersihan

Sosok dibalik peraturan ini adalah Lee Kuan Yew. Beliau merupakan perdana menteri pertama di Singapura. Sejak tahun 1980-an, beliau sudah membahas tentang pelarangan permen karet ini, teman-teman.

Di masa tersebut, ada aturan yang mengatur iklan permen karet di televisi, Rupanya, selama bertahun-tahun, negara Singapura harus menghabiskan biaya besar untuk membersihkan sampah sisa permen karet.

Setiap tahunnya, kira-kira pemerintah Singapura harus menyediakan dana kebersihan sebesar 150.000 dollar Singapura untuk masalah tersebut. kalau dirupiahkan di masa sekarang, jumlah ini bisa lebih dari 1 milyar.

seperti yang kita tahu, kita tidak bisa menelan permen karet, teman-teman. Sehingga kita harus membuangnya.

Sayangnya, banyak orang yang suka membuang sisa permen karet di tempat umum. Misalnya seperti di pinggir jalan atau transportasi umum.

Ulah pembuang sisa permen karet

Awalnya, perdana menteri Lee Kuan Yew belum melarang permen karet, nih. Namun ada denda bagi orang yang ketahuan mengulangi membuang sisa permen karet di tempat umum.Sampai akhirnya Singapura mulai memiliki sistem transportasi Mass Rapid Transit atau MRT di akhir tahun 1980-an.Adanya transportasi ini mengubah banyak hal di Singapura menjadi negara yang semakin maju dan modern.

Ada orang-orang yang menempelkan sisa permen karetnya di sensor pintu kereta MRT. Akhirnya, pintu tersebut jadi rusak. Akibatnya, layanan kereta ini dihentikan untuk sementara waktu. Wah, jadi merugikan banyak orang.

Pelarangan permen karet

Larangan menjual dan mengkonsumsi permen karet ini akhirnya diresmikan oleh presiden Singapura tahun 1992, Goh Chok Tong.Sejak peraturan ini berlaku, ada denda bagi pedagang yang menjual permen karet, teman-teman. Dampaknya, Singapura menjadi lebih bersih dari sampah sisa permen karet yang menganggu.Meski larangan ini sangat ketat, masih ada permen karet yang boleh dijual dan dikonsumsi dengan syarat tertentu, Di tahun 2004, pemerintah Singapura memperbolehkan penjualan permen karet untuk kesehatan. Misalnya seperti permen karet untuk kesehatan gigi.

 

 

Artikel ini terakhir diupdate padaMaret 12, 2020 @ 9:07 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: