Kenapa Orang Korea Pakai Sumpit Besi? Kenapa Gak Pakai Sumpit Kayu?

0
30
fortuner.id kenapa orang korea makan pakai sumpit besi
fortuner.id kenapa orang korea makan pakai sumpit besi

Jepang makan banyak ikan, ikan memiliki tulang kecil di dalamnya, dan membutuhkan pengangkatan tulang selama makan, dan bentuk ujung sumpit menjadi tajam, tidak seperti sumpit Cina (yang Cina adalah Secara historis orang Korea juga makan ikan, dan menggunakan sumpit buatan kayu, tetapi beberapa waktu lalu, memulai hidangan BBQ dengan daging panggang, dan ini membutuhkan sumpit agar tahan lama, akhirnya menggunakan sumpit buatan logam. Di masa lalu orang Jepang juga jarang makan daging babi atau sapi. 

Cara memasak ikan Jepang yang umum adalah merebus / mendidih, bukan memanggang. Jepang telah menggunakan sumpit logam / baja di masa lalu, terutama untuk keperluan upacara daripada penggunaan sehari-hari. Namun saya berasumsi, Kaisar dan keluarganya mungkin secara teratur menggunakan sumpit logam, karena sebagian besar royalti di Asia melakukannya. Ini adalah praktik umum karena logam, khususnya perak, akan bereaksi terhadap racun tertentu, oleh karena itu bertindak sebagai indikator jika makanan raja / kaisar telah diracuni sama sekali. Tetapi mengapa sumpit logam digunakan secara luas oleh masyarakat umum di Korea dan bukan Jepang?

Sejujurnya, saya tidak dapat berbicara dengan pasti, tetapi saya curiga bahwa kelangkaan bijih logam di Jepang berperan besar, meskipun saya tidak akan mengatakan bahwa kedua negara memiliki sumber bijih besi yang melimpah, menurut pemahaman saya, Jepang memiliki cukup banyak sedikit kurang dari Korea. Jepang juga menderita di bawah periode perang saudara yang lebih lama, setidaknya dalam seribu tahun terakhir, begitu banyak logam yang didedikasikan untuk penggunaan militer. Bahkan ada fakta bahwa kualitas besi mereka tidak terlalu baik karena mereka menggunakan pasir besi, yang lebih melimpah di Jepang tetapi memiliki lebih banyak pengotor daripada bijih besi biasa. Jadi ini berarti akan membutuhkan lebih banyak upaya untuk menciptakan produk besi / baja berkualitas di Jepang daripada di daratan Asia. , yang memiliki akses yang lebih baik ke bijih besi. Saya tidak mengatakan Jepang tidak bisa melakukan ini, pada kenyataannya karena kebutuhan, pandai besi Jepang menjadi sangat terampil dan mungkin dapat dengan mudah menghasilkan sumpit logam berkualitas. Tetapi mengapa membuang waktu dan sumber daya berharga yang sedikit untuk peralatan dapur dengan sedikit manfaat yang dirasakan?

Bagi orang Korea, lebih sulit untuk mengatakan mengapa tepatnya penggunaan sumpit logam begitu umum jika dibandingkan dengan Jepang atau bahkan China. Beberapa mengatakan itu kemungkinan karena fakta bahwa sendok logam juga biasa digunakan, jadi sepertinya wajar untuk menggunakan logam sumpit juga. Pada akhirnya, saya pikir turun ke ini: mengapa tidak? Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Korea memiliki cadangan bijih besi yang lebih besar daripada Jepang (dan jauh lebih sering berdagang dengan China untuk menambah). Juga, mereka memang memiliki etiket makan yang sama yang ada di Cina, yang menyatakan bahwa tidak sopan mengangkat piring / mangkuk saat makan. Saya sudah mencoba ini, bagaimanapun, dan sepertinya tidak sulit dengan yang kayu, jadi saya tidak yakin seberapa benar itu) dan juga memandang rendah makan nasi dengan sendok. Orang Korea, di sisi lain, tidak tampaknya ketat dengan etiket makan mereka, setidaknya pada mereka yang r egards, karena mereka tidak ragu menggunakan sendok untuk nasi atau mengangkat piring mereka.

Yang lain telah mengusulkan bahwa makan dengan sumpit logam membantu meningkatkan ketangkasan tangan Anda. Saya akui, setelah beralih ke sumpit logam bertahun-tahun yang lalu, tidak ada satu jenis sumpit yang tidak dapat saya gunakan, dan beberapa mengatakan tulisan tangan telah meningkat … sedikit. Tapi, saya tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah ini sebenarnya faktor yang disengaja untuk penggunaan sumpit logam yang luas atau jika itu hanya kebetulan, saya dengar orang Korea cenderung menonjol untuk koordinasi tangan-mata, unggul dalam olahraga seperti memanah, tapi saya ragu mengatakan ini semua karena sumpit mereka. fakta bahwa Anda mungkin bisa bertahan seumur hidup hanya dengan satu set sumpit jika terbuat dari logam, sepertinya masuk akal.

Sekarang tentu saja, Jepang tidak akan memiliki masalah dalam memproduksi sumpit logam hari ini, jadi apa masalahnya? Nah, mengapa mereka? Setiap negara di Asia telah menggunakan sumpit selama ribuan tahun, dan selama waktu itu telah memodifikasi mereka agar sesuai dengan mereka selera budaya sendiri. Apa yang mereka miliki dan selalu punya karya untuk mereka. Orang Korea terbiasa dengan sumpit logam dan lebih suka menggunakannya. Jepang tidak terbiasa dengan sumpit logam tetapi nyaman dengan yang dari kayu.