fortuner.id inggris
fortuner.id inggris

Pernahkah terlintas dalam pikiran anda, mengapa negara-negara bekas jajahan Inggris cenderung lebih maju dibanding negara bekas jajahan bangsa lain? Contoh realnya saja, bisa kita lihat negara bekas jajahan Inggris seperti Singapura, Malaysia, Republik Rakyat China, Hongkong, dan bahkan Afrika Selatan, India dan Nigeria yang tergolong maju dibandingkan dengan negara tetangganya. Buktikemajuan negara-negara tersebut tak perlu dipertanyakan lagi bukan?

Inggris merupakan negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Seringkali nama Inggris juga dipakai untuk menyebut keseluruhan negara ini.

Negara persemakmuran inggris juga dikenal dengan nama commonwealth. Persemakmuran atau Negara-Negara Persemakmuran (bahasa Inggris: Commonwealth of Nations) merupakan suatu persatuan secara sukarela yang melibatkan negara-negara berdaulat yang didirikan atau pernah dijajah oleh pihak Britania Raya (atau sering disebut sebagai Inggris). Tidak semua anggota mengakui Ratu Britania Raya, Elizabeth II, sebagai kepala negara.

Bila kita cermati, Salah satu faktor yang menyebabkan negara bekas jajahan Inggris lebih maju yaitu karena metode penjajahan Inggris yang bersifat ekonomi uang. Inggris menerbitkan uang dan membangun negara yang dijajahnya agar sanggup membayar pajak upeti dalam bentuk uang hasil perdagangan barang. Kemudian peraturan-peraturan yang dibuat oleh pemerintah Inggris memiliki keuntungan tersendiri bagi negara yang dijajahnya dan bersifat memajukan dan membangun negara jajahannya sendiri. Inggris tidak terlalu mengambil keuntungan ataupun merampas harta benda dari negara jajahan untuk negaranya, mungkin tidak seperti Belanda dan Spanyol yang benar-benar memanfaatkan negara jajahannya untuk membangun negara mereka sendiri, tanpa memikirkan penderitaan yang dialami negara jajahannya.

Amerika Serikat merupakan negara jajahan Inggris tersukses. Kini USA atau United States of America menjadi sekutu andalan Inggris

Selain itu, bisa juga disebabkan karena Inggris adalah negara industri. Negara industri tentu membutuhkan pekerja yang cerdas dan tangkas bisa diajari dan menurut dengan baik. Untuk mewujudkan itu Inggris mendidik dan melatih negara jajahannya.

Negara-negara Commonwealth yang terdiri dari bekas koloni inggris juga mengakui Ratu Inggris  sebagai kepala negara Kerajaan Persemakmuran atau “Commonwealth Realm”. Negara tersebut pada saat ini, kebanyakan anggotanya adalah Republik, dan sebagian yang lain mempunyai Monarki tersendiri. Namun, semua anggotanya menganggap Ratu Elizabeth II sebagai Ketua Persemakmuran. Sebagai contoh konkrit dari Negara Persemakmuran Inggris adalah tak pernah ada satu Negara Persemakmuran Inggris yang kesusahan secara ekonomi dan perdagangan. Dan bila ada yang kesusahan pasti saling membantu dan di bantu.

Di berbagai belahan dunia, Inggris sebenarnya amat menyukai India. Ada banyak pabrik di Inggris pun pindah ke India karena upah tenaga kerja yang murah dan orang India yang memang banyak menikah dengan saudagar Inggris. Namun seiring dengan makin cerdasnya kaum pribumi di India dan beragamnya konflik yang tidak bisa ditangani Inggris sendiri, India pun berhasil memerdekakan diri, tetapi, tetap saja India mendaftarkan diri menjadi negeri anggota commonwealth Inggris hingga saat ini.

Seorang tentara Inggris turun dari helikopter Westland Wessex selama operasi membantu Malaysia menghadapi perang dengan Indonesia di Kalimantan.

Secara keseluruhan ada 53 negara anggota Commonwealth atau persemakmuran inggris ini. Menurut anggota Persemakmuran, Inggris merupakan Ibu yang baik di bandingkan Belanda.

Indonesia pun sempat merasakan peran Inggris dalam memperkenalkan mata uang dalam sistem perpajakan melalui Sir Stamford Raffles yang menjadi gubernur kolonial Inggris di Bengkulu. Pada masa itu Sir Thomas Stamford Raffles juga berhasil membuat buku tentang sejarah klasik tanah Jawa, memetakan persebaran tumbuhan di Bengkulu, bahkan saking cintanya dia akan Indonesia, beliau juga menamakan rumah kediamannya di Singapura menjadi Bencoolen street atau Jalan Bengkulu. 

Indonesia mulai merasakan ekonomi yang maju karena pengenalan sistem mata uang yang membuat harga pasar hasil tani laku dijual sampai ke Eropa. Pada jaman penjajahan Belanda, VOC yang merupakan perusahaan penjajah meminta pajak berupa hasil bumi yang nantinya akan mereka angkut sendiri dan jual ke seluruh dunia. Sedangkan Inggris hanya ingin uangnya atau emas batangan saja. Apa jadinya bila Sejarah menjadikan Indonesia jadi anggota Persemakmuran Inggris seperti Malaysia?

Foto Ratu Elizabeth II. Bagi Negara Persemakmuran Inggris, Inggris dan Ratu Elizabeth II dan anggota kerajaan Inggris merupakan Ibu bagi mereka yang baik untuk Negara-Negara anggota Persemakmuran.

Berikut negara anggota commonwealth yang juga bertetangga dekat dengan Indonesia:

  1. Malaysia menjadi persemakmuran 16 September 1963, malaysia merupakan negara maju di asia tenggara, negara yang memiliki gedung petronas ini selalu mendapat bantuan dari inggris. Negara ini juga sudah mulai mandiri karena banyak penduduk pribumi mendapatkan beasiswa hingga ke Inggris. Perindustrian nya bahkan dikenal dunia, meskipun kasus korupsi sangat tinggi di Malaysia dan juga konflik dengan indonesia yang banyak. Indonesia tidak bisa memutuskan diplomatik dengan malaysia karena kita membutuhkan perkembangan kemajuan baik dalam bidang industri – sampai sosial. Pengolahan minyak hingga kilang kelapa sawit kita aja di malaysia, karena sumber daya manusia yang pintar tidak mencukupi dan kurang dihargai dengan gaji dan kesempatan yang layak di indonesia.

  2. Brunei Darussalam tidak mau bergabung dengan persekutuan Malaysia, namun mereka bergabung pada persemakmuran inggris pada 1 Januari 1984, dan negara brunei darussalam di apit oleh negara malaysia, dimana segala pasokan baik makanan sampai perindustrian pasti akan terikat dengan malaysia kemajuannya. Brunnei juga memilki kerjasama dengan Singapura sehingga mata uang Brunnei bisa dipakai di Singapura dan tidak perlu ditukar karena setaraf nilainya dengan Dollar Singapura, begitu juga sebaliknya.

  3. Singapura menjadi negara persemakmuran inggris pada 15 Oktober 1965, dan negara ini menjadi negara termaju di asia tenggara. Singapura memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan dihormati karena mempunyai pusat perdagangan foreign exchange (penukaran mata uang asing) terbesar keempat ketika diurutkan setelah pusat keuangan seperti London, Tokyo dan New York. Singapura juga mempekerjakan ribuan tenaga ahli dari seluruh dunia sehingga menjadi majikan global juga. singapura juga negara terbersih loh.

  4. Australia sendiri merupakan benua trkecil di dunia , dan benua ini menjadi bekas jajahn inggris , mendjadi anggota tnggl 11 Desember 1931.. Sebagai sebuah negara maju yang makmur, Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia, bayangin aja betapa makmur nya penduduk negara australia, bahkan pengangguran saja mendapat gaji dari pemerintah, touris d bali kebanyakan pengangguran kan

  5. Selandia Baru termasuk dalam negara maju dengan tingkat pertumbuhan ekonomi menyaingi Eropa Selatan dalam beberapa hal, Selandia Baru bergabung 11 Desember 1931, sama seperti Australia dan termasuk dalam salah satu negara terbaik misalnya pada Indeks Pembangunan Manusia yang menempatkan Selandia Baru pada urutan ketiga. Ekspor merupakan andalan utama perekonomian negara ini sehingga dampak perekonomian dunia akan berpengaruh langsung pada kondisi ekonomi negara ini.

Sebagai mantan koloni Inggris, orang Hong Kong sendiri pun lebih memilih kembali dijajah Inggris daripada menjadi provinsi negeri komunis China.

Kelima negara tetangga Indonesia tersebut juga tergabung dalam aliansi kerja sama militer negara-negara persemakmuran Inggris yang bernama Five Power Defence Arrangements (FPDA). Aliansi militer ini beranggotakan Malaysia, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Inggris. Dari negara-negara yang tergabung dalam aliansi ini sudah dapat diperkirakan kekuatan aliansi ini yang sangat kuat.Dan dalam aliansi ini negara anggota terikat perjanjian apabila ada salah satu dari negara anggota aliansi yang terkena serangan terutama Malaysia dan Singapura, anggota lainnya harus bersedia menurunkan pasukan guna membela negara aliansi yang diserang tersebut.

Masih jelas kita ingat Malaysia merampas pulau Sipadan dan Ligitan dari tanah air Indonesia, pada masa itu negara kita masih dipandang lemah menghadapi arisan negeri tetangga jajahan inggris ini. Lalu sampai kapan Indonesia bisa berdiri sejajar dan mampu menantang balik gertakan sang tetangga anggota persemakmuran Inggris ini? Yang jadi pertanyaannya sekarang, sudahkah kamu mampu dan percaya diri berbahasa Inggris dengan aktif dan benar? kalau belum ayo dong asah kemampuan dan rasa percaya dirimu berbahasa Inggris hanya di www.fortuner.id