Kenapa Bangsa Mesir Bikin Pyramida?

pyramida fortuner.id

Di negara Mesir memang terdapat bangunan piramida yang menarik perhatian. Selain karena keindahannya, piramida tersebut juga selalu memberikan kesan misteri terkait proses pembangunannya. Banyak pro kontra yang tejadi terhadap bangunan tersebut. Ada yang beranggapan bahwa piramida yang agung itu dibangun oleh alien. Namun banyak juga yang menyangkal argumen tersebut dan percaya bahwa bangunan piramida hanya dibangun oleh manusia biasa.

Perlu diketahui kalau arsitek piramida pertama di Sakkara adalah seorang Menteri dari Raja Mesir Zoser yang bernama Imhotep. Nah, tujuan dari rancangan piramida yang dibangunnya tersebut adalah untuk melindungi mayat para raja dan juga Fir’aun yang sudah diawetkan menjadi mumi. Hal itu dilakukan agar jasadnya dapat terpelihara selamanya. Selain itu banyak juga harta yang disimpan dalam piramida agar tidak dicuri oleh pencuri makam. Makanya dalam piramida itu banyak sekali ruang-ruang penguburan yang dalam dan tersembunyi.

Apa alasan orang Mesir Kuno memelihara jasad Fir’aun di piramida? Jawabannya adalah karena mereka meyakini bahwa Fir’aun adalah Horus, anak laki-laki Ra, Dewa Matahari. Jadi, ketika Fir’aun meninggal, dia akan diseberangkan ke daratan mati, tempat dia akan dipertemukan kembali dengan ayahnya.

Karena dewa-raja mereka hidup selamanya, makanya orang-orang Mesir Kuno saat itu percaya bahwa selama mereka memelihara jasadnya, maka mereka akan diberkahi dan dilindungi, sehingga mereka akan memperoleh panen yang melimpah dan kemenangan dalam peperangan.

Anyway, setelah piramida pertama dibangun, beberapa piramida kemudian dibangun kembali. Dan, yang terbesar adalah piramida yang dibangun untuk Khufu. Panjang dari piramida itu di setiap sisinya adalah 230,4 meter dan tingginya 143 meter. Keempat sisinya pun menghadap tepat ke utara, selatan, timur, dan barat.

Dalam proses pembangunan piramida untuk Khufu ini, dibutuhkan banyak sekali material balok batu loh GanSist. Kira-kira ada sekitar 2,3 juta batu yang berat dari setiap batunya lebih dari 2000 kilogram alias 2 ton. Dan, yang paling mengagumkannya lagi adalah ada diantara batu tersebut yang beratnya mencapai 16 ton loh.

Selain itu jumlah pekerja yang membangun piramida ini pun ada banyak sekali. Berdasarkan catatan sejarah, ada ratusan ribu pekerja yang membangun piramida tersebut dalam rentang waktu kurang lebih 20 tahun. Lama sekali ya.

, piramida yang paling populer adalah Piramida Agung di Giza. Piramida ini didirikan oleh Fir’aun Cheops sekitar lebih dari 4000 tahun yang lalu. Bangunan ini pun merupakan bangunan batu terbesar di dunia dan dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia kuno yang masih dapat dilihat hingga saat ini.

Dulunya, Piramida Agung di Giza memiliki sisi-sisi yang halus. Namun sekarang ini lapisan batu terluarnya telah terkikis membentuk titian seperti yang kita lihat di zaman sekarang.

SOURCE: KASKUS

Artikel ini terakhir diupdate padaAgustus 4, 2020 @ 2:22 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: