Karena Kalah Perang Dunia 2, Jepang Beli Pulau Mageshima Untuk Fasilitas Militer Amerika

Pemerintah Jepang dalam waktu dekat menandatangani kontrak pembelian  pulau Mageshima untuk digunakan sebagai pangkalan militer Amerika Serikat. Pulau ini nantinya akan dipakai sebagai tempat kapal induk dan pesawat tempur berlatih.

Pulau Mageshima berlokasi di prefektur Kagoshima di kota Nishinoomote, seperti dikutip dari Asia News Networking, Kamis, 10 Februari 2018

Pulau Mageshima terpilih berdasarkan hasil penilaian pemerintah Jepang dan Amerika Serikat pada tahun 2011. Keduanya masih menegosiasikan harga dengan pemilik pulau, satu perusahaan pengembang berkantor di Tokyo.

Harga pulau Mageshima diperkirakan mencapai 16 miliar yen atau setara dengan Rp 2,07 triliun. Pulau yang berjarak sekitar 12 kilometer arah barat pulau Tanegashima berukuran luas sekitar 4 kilometer persegi dan tidak ada penduduk di dalamnya.

Setelah dibeli, pemerintah Jepang berencana membangun fasilitas pasukan angkatan pertahanan diri di Mageshima. Bersamaan itu, militer Amerika Serikat akan menggunakan pulau itu.

Komite Konsultatif Jepang-Amerika Serikat yang juga dikenal dengan sebutan dua plus dua mengelurkan satu dokumen pada Juni 2011 yang menyatakan Mageshima sebagai kandidat tempat kapal induk dan pesawat tempur AS bermarkas.

Jepang dan Amerika juga secara resmi sepakat bahwa pulau Mageshima sebagai area resmi untuk transfer selama pelatihan dua plus dua, diperkirakan akan diadakan pada awal Juni mendatang.

Selain pulau Mageshima, pasukan militer Amerika Serikat juga membangun markasnya di Atsugi di prefektur Kanagawa, Jepang. Lalu Iwoto, juga menjadi area penempatan pesawat terbang Amerika Serikat.

Source: asia news networking


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *