Jerman demo tolak Tesla

Sekitar 200 demonstran berkumpul Sabtu di desa Grünheide, timur Berlin, untuk memprotes pembukaan hutan untuk membuat jalan bagi pabrik mobil listrik Tesla.

Warga memegang poster bertuliskan “tidak ada pabrik di hutan kami” dan “Tesla” atau “air minum” – mengutip kekhawatiran bahwa pabrik itu dapat mencemari air minum desa.

Anggota parlemen negara bagian Brandenburg memberi Tesla lampu hijau untuk membeli 300 hektar (741 hektar) lahan pada 9 Januari. Tesla “Gigafactory 4” akan menghasilkan hingga 500.000 unit setiap tahun dari kendaraan Model 3 dan Y dan model lainnya, menurut Pembuat mobil AS.

Tesla mengatakan pembangunan pabrik dijadwalkan akan dimulai pada paruh pertama tahun 2020, dengan mobil pertama mulai dari jalur perakitan mulai Juli 2021. Tag harga untuk properti adalah € 41 juta ($ 45,6 juta). Dewan Tesla masih perlu menandatangani kesepakatan.

Polisi setempat mengatakan lebih dari 30 orang ambil bagian dalam demonstrasi balasan pada hari Sabtu untuk mendukung pabrik Tesla, memegang spanduk bertuliskan “membangun bukan frustrasi” dan “Elon, saya ingin mobil dari Anda.”

Kantor berita DPA Jerman melaporkan ada pertengkaran verbal singkat ketika kedua belah pihak bertemu.

Pendiri Tesla, Elon Musk, mengatakan ia berharap proyek perusahaan di Brandenburg tidak akan mengalami keterlambatan serupa dengan pembangunan bandara Berlin-Brandenburg.

Baca selengkapnya: Gigafactory Tesla China menghadirkan Model 3 pertama dalam waktu kurang dari setahun

Surat kabar Berlin Der Tagesspiegel baru-baru ini melaporkan bahwa tim-tim pembuangan bom sudah mencari situs hutan untuk amunisi yang tersisa dari Perang Dunia II.

Brandenburg, yang mengelilingi Berlin, berharap pabrik Tesla akan membawa ribuan pekerjaan berkualitas tinggi ke wilayah tersebut. Seperti daerah lain di bekas Jerman Timur Komunis, ekonomi kawasan ini tertinggal dari Jerman lainnya.


Sumber: DW

Artikel ini terakhir diupdate padaJanuari 20, 2020 @ 4:35 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: