Hal Apa Saja yang Membuat Orang Batak Dinilai Dengan Buruk?

Indonesia memiliki berbagai suku dan budaya, salah satunya Suku Batak. Umumnya, suku Batak dikenal dengan sifat orang yang pekerja keras, disiplin dan tegas. Tetapi ada beberapa hal yang salah kaprah tentang orang Batak yang dinggap negatif.

Lantas, apa saja hal yang salah kaprah mengenai orang Batak?

1. Orang Batak berbicara seperti berkelahi atau berantem

Orang Batak terkenal dengan suaranya yang besar, lantang dan keras. Karena suaranya sangat besar banyak yang bilang kalau orang Batak berbicara seperti berkelahi atau berantem.

Kenapa orang Batak kalau berbicara seperti orang berkelahi ata berantem? Pada zaman dahulu, orang Batak di kampung banyak yang tinggal di daerah pegunungan dimana jarak rumah satu dengan yang lainnya berjauhan. Jadi, kalau ingin berkomunikasi mereka harus berteriak dengan lantang agar terdengar. Sebab itu suara orang Batak sangat keras dan besar.

2. Orang Batak bersikap kasar

Anggapan keliru ini mungkin dilihat dari tampang orang Batak yang terlihat sangar. Tampilan fisik tidak menjamin seseorang tersebut bersikap kasar atau tidak. Dalam hal pergaulan, orang Batak biasanya sangat akrab dan bersahabat.

3. orang Batak identik dengan sopir angkot dan tambal ban

Mungkin pernah anda bertemu dengan sopir angkot di terminal atau di halte berbicara engan menggunakan bahasa Batak atau bertemu dengan tukang tambal ban berbicara dengan berlogat Batak. Mengapa ada orang Batak menjadi sopir angkot dan tukang tambal ban? Sebenarnya mereka bekerja demikian ada karena berbagai faktor

apa saja faktor penyebabnya? Ada karena keterdesakan hidup sehingga untuk mendapatkan pekerjaan yang formal sangat sulit didapat dan di Indonesia masih ada mindset negatif tentang orang Batak dalam dunia kerja.

Tapi, jangan salah. Dari pekerjaan sebagai sopir dan tukang tambal ban justru banyak orang Batak mengubah nasib anaknya menjadi sukses meraih pendidikan tinggi dan memiliki pekerjaan yang layak.

4. Orang Batak cebderung bergaul dengan orang Batak

Apakah anda pernah menilai orang Batak lebih suka bergaul sesama orang Batak dan tidak mau berteman dengan orang berbeda suku?. Hal ini merupakan kesalahan yang sangat fatal dalam menilai orang Batak.

Orang Batak sejak kecil selalu dididik untuk melestarikan adat dan istiadat. Apalagi kalau merantau sendirian dikampung orang, jika bertemu dengan sesama orang Batak rasanya seperti berjumpa dengan keluarga sendiri. Itulah sebabnya orang Batak sangat mudah akrab dengan sesama orang Batak juga.

Tapi, orang Batak merupakan suku yang sangat toleran terhadap perbedaan. Contoh perbedaan yang bisa kita lihat adalah di daerah asal orang Batak yaitu provinsi Sumatra Utara saja banyak orang yang bukan batak memiliki jbatan tertinggi mulai dari tingkat gubernur bahkan tingkat perangkat RT dan RW.

5. Tampilan wajah orang Batak terlihat sangar dan temperamen

Tampilan fisik wajah orang Batak memang terlihat sangar dan temperamen. Oh iya, ternyata orang Batak termasuk tipe orang yang setia, mandiri, rajin bekerja dan punya loyalitas yang baik dalam pergaulan. Tapi kalau dikhianati biasanya orang Batak bisa ambil tindakan tegas karena orang Batak memiliki harga diri dan kehormatan.

Nah, demikianlah artikel ini kami sampaikan biar kamu tidak salah menilai tentang orang Batak.

Artikel ini terakhir diupdate padaOktober 16, 2020 @ 8:09 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: