ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Gempa Lombok Membawa Simpati pada Masyarakat Korea dan Jepang

Masyarakat Korea Selatan dan Pemerintah Jepang menyampaikan keprihatinan atas gempa berkekuatan 7 Skala Richter yang mengguncang Lombok Utara, yang telah merenggut lebih dari 100 korban jiwa. Berbagai komponen masyarakat Korea Selatan secara langsung menyampaikan ungkapan belasungkawa kepada Perwakilan RI di Seoul.

President & CEO Kookmin Bank, salah satu bank terbesar Korsel, Hur Yin, juga menyampaikan keprihatinan di hadapan Duta Besar RI untuk Korea Selatan dan Wakil Presiden Palang Merah Korea Selatan.

“Saya menyampaikan dukacita yang mendalam seraya berharap bahwa dampak yang ditimbulkan bencana ini dapat ditekan seminimum mungkin”, ungkap Hur sembari menyampaikan bantuan sebesar 30 juta won atau setara dengan Rp 385 juta yang diserahkan ke Palang Merah Korea Selatan untuk disalurkan melalui Palang Merah Indonesia pada Selasa 7 Agustus. Penyerahan bantuan tersebut juga disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi.

Wakil Presiden Palang Merah Korsel Dr. Kim Yoon Heeuga yang menerima penyaluran donasi ini juga menyampaikan keprihatinan serupa.

“Saya sangat sedih dengan terjadinya bencana ini, terutama dengan jatuhnya korban jiwa,” ungkap Kim.

“Atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas keprihatinan dan kepedulian yang besar masyarakat Korea Selatan akan musibah yang menimpa masyarakat Lombok,” ungkap Dubes Umar menanggapi seperti yang disampaikan kepada Tempo.

Terkait dengan bantuan yang diterima, Dubes Umar menggarisbawahi bahwa hal tersebut merupakan kepedulian nyata masyarakat Korea Selatan terhadap masyarakat Indonesia dan menunjukkan kedekatan antara masyarakat kedua negara. Lombok bagi masyarakat Korea Selatan merupakan salah satu destinasi wisata utama di Indonesia setelah Bali dan Jakarta.

Sementara Pemerintah Jepang juga menyampaikan belasungkawa atas gempa Lombok. Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono.

“Kami menyampaikan rasa simpati kami yang mendalam kepada Pemerintah Indonesia dan kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menjadi korban dari kejadian ini. Pemerintah Jepang telah siap memberikan bantuan apapun yang diperlukan oleh Pemerintah Indonesia,” tulis pernyataan Kementerian Luar Negeri Jepang kepada Tempo.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, juga menyampaikan ucapan simpati yang mendalam kepada Presiden Ri Joko Widodo, atas banyaknya warga Indonesia yang menjadi korban gempa serta mendoakan agar wilayah yang terkena dampak gempa Lombok dapat segera pulih kembali.

Source tempo


Artikel ini terakhir diupdate padaAgustus 9, 2018 @ 7:12 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: