Fakta Kehidupan Negara Amerika, Pemenang Perang Dunia 2 yang Sukses Menjajah Jepang

0
11

Amerika negara hebat pemenang perang dan Penjajah negara Jepang bahkan dunia ini ternyata punya fakta menarik seputar kehidupan dan tingkah laku aktivitas yang sangat menarik,

Kenapa Begitu? Apa karena Paman SAM?

Berikut Ini 20 fakta mengenai negara Adidaya Amerika tersebut:

  1. Tertib lalu lintas. Contohnya, walau lampu masih hijau di perempatan, tapi jika kondisi macet di depan, pengendara tidak akan melaju dengan tujuan agar selalu ada ruang untuk melintas saat sisi jalan lainnya sudah hijau. Tak ada cerita pengendara stuck di tengah lalu menghalangi laju mobil dari jalan di samping.

  2. Kita bisa minum semua jenis soda di restoran cepat saji sepuasnya alias free refill.

  3. Banyak sekali gelandangan terutama di San Francisco atau Los Angeles yang cuacanya agak bersahabat, dan dari semua ras. Tapi mereka tidak membahayakan orang, kadang hanya meminta recehan.

  4. Toilet dengan sistem bidet atau semprotan air sangat susah ditemukan. Tisu toilet adalah benda yang sangat-sangat penting bagi mereka.

  5. Hampir semua polisi dibekali senjata api dan sangar-sangar.

  6. Sarana transportasi umum di beberapa kota tidak memadai, alhasil mobil pribadi jadi andalan. Kemacetan sangat biasa terjadi di kota semacam San Francisco atau di sekitar New York.

  7. Memberi tips pada pelayan restoran adalah keharusan kalau tak mau bikin masalah, biasanya sekitar 10%, tidak peduli pelayanan mereka baik atau buruk. Tapi pada umumnya mereka ramah dan cekatan. Oh ya, hal ini juga berlaku bagi sopir taksi.

  8. Porsi makanan biasanya sangat besar, tidak masuk akal bisa dihabiskan sendirian.

  9. Restoran cepat saji yang di negara lain termasuk elit di sana seperti warung biasa. Sering ada gelandangan makan.

  10. Kalau menginap di hotel, terutama kelas atas, mereka sangat perhitungan. Akses WiFi dan sarapan biasanya dijual terpisah.

  11. Small talk dan perlakuan ramah sering saya dapatkan. Pernah di pinggir jalan diajak ngobrol orang asing. Pernah saat bersama rekan yang sudah berumur, orang asing membukakan pintu waktu mau masuk swalayan.

  12. Mungkin karena negaranya sangat luas, rumah berukuran besar dan halaman lapang adalah hal biasa. Antar tetangga kadang hanya dipisahkan rumput, tidak berpagar.

  13. Di kota seperti Miami, Orlando atau San Francisco, populasi warga bukan kulit putih sangat banyak.

  14. Baju, tas, sepatu ataupun jam bermerek yang kalau di sini lumayan mahal, dibanting harganya di factory outlet yang ada di mana-mana. Memang bukan barang model terkini, tapi masih bagus.

  15. Bandaranya di mana-mana tidak menarik, bangunannya kuno dan toko-tokonya sangat biasa. Jauh sekali dari bandara di Asia.

  16. Kalau kita naik maskapai AS, biasanya pramugarinya sudah berumur. Tidak perlu muda atau cantik.

  17. Restoran buffet all you can eat ada di banyak tempat, terutama makanan Jepang atau China. Menunya sangat beragam dan juga biasanya, ramai pengunjung.

  18. Di Las Vegas di area Strip yang banyak kasino, kalau kita jalan di trotoarnya bisa jadi kaget karena terdengar suara musik kencang. Ternyata banyak speaker ditaruh di sepanjang trotoar itu.

  19. Saya tidak tahu apa penjelasannya. Di film film sering kita lihat orang hujan hujanan di luar lalu langsung masuk ke ruangan kelihatannya tidak takut basah. Ternyata pengalaman saya di New York, walau habis hujan dan kebasahan, langsung cepat kering begitu masuk indoor. Mungkin karena ada pemanas atau faktor udaranya.

20. Orang-orang di jalan suka menyapa ‘apa kabar’ dengan senyum ramah. Ternyata itu budaya mereka. Cukup menyenangkan walau hanya basa basi.

source: pino

image: LITBANG.KEMENDAGRI.GO.ID