Kenapa Dinosaurus Bisa Punah? 66 Tahun Hilang dan Binasa Dimuka Bumi

dinasaurus punah kenapa fortuner.id

Dinosaurus menguasai dan mendominasi Bumi sekitar 66 juta tahun yang lalu, sebelum mereka tiba-tiba punah. Peristiwa kepunahan Cretaceous-Tertiary adalah nama yang diberikan untuk kepunahan massal ini. Selama bertahun-tahun, diyakini bahwa perubahan iklim telah menghancurkan rantai makanan reptil besar. Pada 1980-an, ahli paleontologi menemukan lapisan iridium.

Ini adalah elemen yang langka di Bumi tetapi ditemukan dalam jumlah besar di luar angkasa. Penanggalan ini bertepatan dengan saat dinosaurus menghilang dari catatan fosil. Satu dekade kemudian, para ilmuwan menemukan Kawah Chicxulub yang sangat besar di ujung Semenanjung Yucatán Meksiko, yang berasal dari periode tersebut. Konsensus ilmiah sekarang mengatakan bahwa kedua faktor ini terkait dan keduanya mungkin disebabkan oleh asteroid besar yang menabrak Bumi.

Dengan ukuran yang diproyeksikan dan kecepatan tumbukan, tabrakan akan menyebabkan gelombang kejut yang sangat besar dan kemungkinan memicu aktivitas seismik. Kejatuhan itu akan menciptakan gumpalan abu yang kemungkinan menutupi seluruh planet dan membuat dinosaurus tidak mungkin bertahan hidup. Hewan dan spesies tumbuhan lain memiliki rentang waktu yang lebih pendek antar generasi yang memungkinkan mereka bertahan hidup.

Ada beberapa teori lain tentang apa yang menyebabkan matinya hewan-hewan terkenal itu. Salah satu teori awal adalah bahwa mamalia kecil memakan telur dinosaurus dan yang lain mengusulkan bahwa angiospermae beracun (tumbuhan berbunga) membunuh mereka.


source:dailymail

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: