ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Di Australia, bau durian bikin pengunjung perpustakaan panik

Bau durian yang membusuk membuat perpustakaan di Melbourne Australia mengeluarkan peringatan evakuasi terhadap pengunjungnya pada Sabtu (28/4/2018). Petugas pemadam kebakaran mendapat panggilan darurat dari gedung Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) pada pukul 15.00 waktu setempat. Panggilan tersebut merujuk pada bau gas yang muncul di perpustakaan.

Durian menjadi buah idaman bagi sebagian penduduk di Indonesia. Namun di Australia, buah yang memiliki aroma khas ini justru menyebabkan ratusan orang terpaksa dievakuasi. Sekitar 500 mahasiswa dan dosen dievakuasi dari pihak kepolisian, sementara petugas pemadam kebakaran memakai alat bantu pernapasan untuk menyelidiki sumber bau. Awalnya, belum diketahui jika bau tersebut berasal dari bau durian, sebab bangunan tersebut juga menyimpan sejumlah bahan kimia yang berbahaya.

Petugas pemadam kebakaran melacak bau busuk itu hingga mengarahkan mereka ke sebuah lemari, di mana tersimpan durian tersebut. “Setelah pencarian yang komprehensif, petugas pemadam kebakaran mengindentifikasi baunya bukan berasal dari gas kimia,” kata Pemadam Kebakaran Metropolitan Melbourne, dalam sebuah pernyataan. “Tapi gas yang dihasilkan dari durian yang membusuk, buah yang sangat menyengat itu dibiarkan membusuk di lemari,” tambahnya.

Setelah penemuan itu, petugas pemadam kebakaran memberikan keterangan kepada publik, dan gedung kembali dibuka pada pukul 18.00. Ketika matang, durian memang dikenal sebagai buah dengan bau paling menyengat di dunia. Durian termasuk buah yang tinggi kalori. Oleh karena itu, saran porsi penyajian durian bagi orang dewasa pada umumnya adalah 100-200 gram per satu kali makan. Sebagai perbandingan, berat satu biji buah durian (hanya satu bijiya, bukan satu durian utuh) kurang lebih sekitar 40 gram. Dalam 100 gram buah durian terkandung hampir 150 kalori, yang berasal dari 5,3 gram lemak, 98 gram karbohidrat, dan 5 gram protein. Total kalori dari 100 gram buah durian ini cukup untuk memenuhi 7 persen kebutuhan kalori kita dalam sehari.

Keberadaan durian memang dilarang di kereta bawah tanah dan pesawat terbang di seluruh negara di dunia karena baunya yang seperti bau gas yang menyengat dan tidak biasa bagi banyak orang bule. Durian biasanya memiliki umur simpan tiga hingga enam hari pada suhu ruangan.


Sumber:

Kompas

Artikel ini terakhir diupdate padaApril 29, 2018 @ 12:19 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: