ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Deutsche Bank Asia akan memecat 2.100 di Singapura dan total 18.000 orang pengangguran

Seluruh tim dalam operasi Deutsche Bank di Asia diberitahu bahwa posisi mereka telah hilang pada hari Senin (8 Juli), ketika pemberi pinjaman mulai memangkas 18.000 pekerjaan secara global dalam salah satu perombakan terbesar bank investasi ini sejak krisis keuangan. Diperkirakan sebagian besar orang di Asia akan dipecat.

Deutsche Bank pertama kali hadir di Singapura pada tahun 1971/1972 dan mendirikan kantor pusat Asia Pasifik di Singapura pada tahun 1988, menurut situs webnya. Deutsche Bank ini memiliki tenaga kerja lebih dari 2.100 orang di negara Singapura.

Bank investasi multinasional Jerman ini terkenal Sebagai perbankan Jerman terbesar di dunia dengan indeks pasar saham DAX. Perusahaan jasa keuangan yang berkantor pusat di Frankfurt, Jerman ini ada di 58 negara dengan kehadiran besar di Eropa, Amerika dan Asia. Pada April 2018, Deutsche Bank adalah bank terbesar ke-15 di dunia dengan total aset.

Perusahaan ini adalah bank universal yang bertumpu pada tiga pilar – Private & Commercial Bank, Corporate & Investment Bank (CIB) dan Asset Management (DWS). Operasi perbankan investasinya sering memerintahkan aliran transaksi yang substansial dan mempertahankan departemen “sisi penjualan” dan “sisi pembelian” yang berbeda.

Bank Jerman meluncurkan restrukturisasi pada hari Minggu di Eropa, menguraikan rencana yang pada akhirnya akan menelan biaya 7,4 miliar euro (US $ 8,31 miliar) dan melihatnya secara dramatis mengurangi bank investasinya – sebuah kemunduran besar setelah bertahun-tahun bekerja untuk bersaing sebagai kekuatan utama pada Wall Street.

Sebagai bagian dari perombakan, bank akan membatalkan bisnis ekuitas globalnya dan juga memotong beberapa operasi pendapatan tetapnya – suatu area yang secara tradisional dianggap sebagai salah satu kekuatannya.

Deutsche Bank tidak memberikan rincian geografis untuk pemutusan hubungan kerja, meskipun sebagian besar diperkirakan akan turun di Eropa dan Amerika Serikat. Hari global pada hari Senin, bagaimanapun, dimulai dengan pemotongan di Sydney, Hong Kong dan di tempat lain di wilayah Asia-Pasifik.

Saham Deutsche Bank, diterbitkan 2. November 1881. Meskipun PHK, strategi Deutsche Bank pada jalur akhirnya beberapa pekerja terlihat meninggalkan kantor memegang amplop besar dengan logo bank.

Bankir di Sydney terlihat meninggalkan kantor pemberi pinjaman pada hari Senin mengkonfirmasi mereka bekerja untuk Deutsche Bank dan diberhentikan, tetapi menolak untuk memberikan nama mereka karena mereka akan kembali nanti untuk menandatangani paket redundansi.

Satu orang yang mengetahui operasi bank di Australia mengatakan empat pasar kuat pasar modal (ECM) sedang dilepas, tetapi sebagian besar tim merger dan akuisisi (M&A) tidak akan segera terpengaruh.

Seluruh tim dalam penjualan dan perdagangan kehilangan pekerjaan mereka juga, menurut beberapa bankir Deutsche.

Deutsche memiliki sekitar 4.700 karyawan di Sydney, Tokyo, Hong Kong dan Singapura, menunjukkan lembar fakta di situs webnya.

Tim perbankan investasinya untuk wilayah Asia-Pasifik berjumlah sekitar 300 orang sebelum pemotongan, dan 10 persen hingga 15 persen akan diberhentikan – hampir semua di divisi pasar modal, menurut bankir senior Asia dengan pengetahuan langsung tentang Rencana.

Di Hong Kong, sekelompok tiga karyawan bank yang tampak kesal mengambil foto diri mereka di samping logo Deutsche Bank besar di luar kantor pemberi pinjaman, saling berpelukan sebelum memanggil taksi yang menunggu.

Salah satu pedagang ekuitas yang berbasis di Hong Kong yang diberhentikan mengatakan bahwa suasananya “sangat suram” karena orang-orang dipanggil secara individu ke pertemuan.

“(Ada) beberapa putaran obrolan dengan HR dan kemudian mereka memberi Anda paket ini dan Anda keluar dari gedung,” kata pedagang.

“Jika Anda memiliki pekerjaan untuk saya, silakan beri tahu saya. Tetapi jangan bertanya,” kata seseorang yang mengonfirmasi bahwa ia dipekerjakan di Deutsche Bank, tetapi menolak berkomentar lebih lanjut.

“Hampir tidak ada pekerjaan yang dilakukan hari ini dan orang-orang hanya mengirim atau menelepon teman atau headhunter. Setengah dari lantai hilang dan yang lain hanya menunggu untuk dipanggil. Beberapa orang mengatakan bye mereka bahkan sebelum dipanggil,” kata seorang pedagang ekuitas di Hong Kong yang telah menghabiskan dua tahun di bank.

Seorang juru bicara Deutsche Bank menolak mengomentari keberangkatan tertentu, mengatakan bank akan berkomunikasi langsung dengan karyawan.

“Kami memahami perubahan-perubahan ini sangat mempengaruhi kehidupan orang-orang dan kami akan melakukan apa pun yang kami bisa untuk bertanggung jawab dan sesensitif mungkin menerapkan perubahan-perubahan ini,” katanya.

Bank akan menurunkan aset yang tidak diinginkan, dengan nilai aset tertimbang menurut risiko 74 miliar euro. Christian Sewing akan mewakili bank investasi di papan tulis dalam pergeseran yang menggambarkan pengaruh memudarnya divisi.

Chief Executive Officer Christian Sewing, yang sekarang bertujuan untuk fokus pada aliran pendapatan bank yang lebih stabil, mengatakan pada hari Minggu bahwa itu adalah transformasi bank yang paling mendasar dalam beberapa dekade. “Ini restart,” katanya.

“Kami menciptakan bank yang akan lebih menguntungkan, lebih ramping, lebih inovatif dan lebih tangguh,” tulisnya kepada staf.

CEO telah menandai restrukturisasi luas pada bulan Mei ketika ia berjanji pemegang saham “pemotongan tangguh” ke bank investasi. Ini mengikuti kegagalan Deutsche untuk menyetujui merger dengan saingannya Commerzbank AG.

“Kekuatan penawaran layanan kami dan jaringan kami yang luas yang mencakup 14 pasar di Asia Pasifik adalah keunggulan kompetitif bagi Deutsche Bank secara global, dan kami tetap benar-benar berkomitmen untuk kawasan ini,” kata Kepala Eksekutif Bank Asia Pasifik Werner Steinmueller dalam memo kepada Staf Asia-Pasifik.

“Bank investasi baru akan lebih kecil tetapi lebih tangguh, dengan fokus pada pembiayaan kami, pasar modal, layanan konsultasi dan penjualan dan bisnis perdagangan,” katanya.

Seorang bankir senior Deutsche, yang masih memiliki pekerjaannya, menekankan bahwa bank tersebut tidak menyerah pada kesepakatan yang sedang dikerjakannya, tetapi mempertanyakan seberapa baik waralaba yang rampingnya dapat bersaing di masa depan.

“Bisnis ECM kami harus dikurangi, tetapi tidak semuanya akan terjadi dalam satu hari,” katanya. “Pertanyaan terbesar bagi kita adalah ke mana kita pergi dari sini jika kita tidak menawarkan seluruh rangkaian produk. Apakah klien akan tetap dengan kita atau permainan sudah berakhir?”

Deutsche Bank secara luas diakui sebagai kreditor terbesar untuk real-estate -politisi Pak President  Donald Trump, Presiden ke-45 Amerika Serikat, memegang lebih dari US $ 360 juta dalam bentuk pinjaman kepada kandidat pada bulan-bulan sebelum pemilihannya 2016 . Pada Desember 2017 peran Deutsche Bank dalam, dan kemungkinan relevansi dengan, Trump dan pihak-pihak Rusia yang bekerja sama untuk memilihnya dilaporkan sedang diselidiki oleh Robert Mueller dari FBI. Pada Maret 2019, hubungan Deutsche Bank dengan Trump dilaporkan juga sedang diselidiki oleh dua komite kongres AS dan oleh jaksa agung New York.

Source: Channel News Asia TheGuardian

 

 

 

 

 

Artikel ini terakhir diupdate padaJuli 8, 2019 @ 11:07 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: