ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Berbohong itu manfaatnya apa?

Semua orang pasti paling tidak suka dibohongi atau ditipu seseorang dengan apa pun alasannya. Berbohong biasa dilakukan siapapun dan ada banyak alasan kenapa orang berbohong.

Kelakuan manusia dan kewajaran keseharian sebetulnya diatur oleh norma masyarakat yang didapat dari kearifan lokal dan pengajaran norma agama dan adat istiadat masyarakatnya. Namun tentu setiap orang pasti pernah berbohong, dan tak perlu diajari pun manusia secara alami pasti mampu berbohong.

Tapi Tahukah Kamu bahwa kebanyakan orang lebih senang untuk mendengar kabar – kabar bohong atau bisa disebut HOAKS?

Bohong merupakan pernyataan yang tidak sesuai kenyataan karena segaja dibuat oleh seseorang dengan tujuan utuk meyakinkan agar pendengar bisa percaya. Namun berbohong berbeda dengan cerita Fiksi, karena cerita Fiksi meskipun salah, tetapi bukan bohong. Orang yang berbicara bohong dan terutama orang yang mempunyai kebiasaan berbohong disebut pembohong.

Garis antara kebohongan dan kebenaran sangatlah tipis. Sebuah contoh: jika seorang tetangga saya menyatakan bahwa ia merupakan keturunan Tsar Rusia; Nikolai II, maka bisa dikatakan ia berbohong. Kebohongannya bisa dibuktikan dengan sebuah penelitian DNA, dan selain itu kita semua tahu bahwa Tsar Nikolai II beserta keluarganya sudah dibantai habis oleh kaum komunis. Namun jika ia berkata bahwa ia masih keturunan Rusia, mungkin saja ia benar. Siapa tahu nenek moyangnya memang benar ada yang berasal dari Rusia.

Pada sebuah kebohongan ada pula unsur kesengajaan. Jika seseorang berkata bahwa ia merupakan seorang profesor padahal bukan, maka ia sengaja melakukannya untuk pamer. Hal ini merupakan sebuah kebohongan. Namun jika seorang anggota CIA berkata bahwa Osama bin Laden menurut data-datanya berada di Pakistan, padahal tidak, maka ini namanya kesalahan dan bukan kebohongan. Kecuali ia melakukannya dengan sengaja sebagai sebuah siasat, maka namanya adalah taktik disinformasi.

Tapi benarkah  BERBOHONG atau Melakukan Kebohongan Berdampak Positif Bagi Hidup Kita?

Berikut Ini Manfaat BOHONG ITU SENDIRI:

Menyelamatkan Orang Lain

Berbohong dapat menyelamatkan orang lain dari keadaan bahaya yang mengancam jiwanya. Kebohongan ini dapat dilakukan dalam situasi genting. Contohnya, ketika seseorang dikejar-kejar oleh sekolompok orang yang hendak menganiayanya, kamu membohongi sekelompok orang itu. Kamu katakan kepada mereka bahwa orang yang sedang mereka kejar berlari ke utara, padahal ia berlari ke selatan.

Menambah Keakraban

Keakraban dapat diciptakan dengan kebohongan. Hubungan kalian pun akan semakin harmonis, baik persahabatan, kekeluargaan, maupun percintaan. Kamu dapat membohongi temanmu ketika ia bertanya Bagaimana penampilanku hari ini?. Jika kejujuranmu justru dapat melukai perasaannya, kamu dapat memberinya jawaban bohong. Kamu dapat berkata, aku sangat menyukai model rambut terbarumu. Itu sangat keren.

Membahagiakan Orang Lain

Kebohonganmu dapat membahagiakan teman, pacar, atau keluargamu. Namun, syaratnya adalah kamu harus tulus dalam membohonginya. Jangan sampai kebohonganmu terkesan setengah-setengah sehingga lawan bicaramu mengetahuinya. Kamu dapat mengatakan kepada temanmu bahwa hadiah ulang tahun yang ia berikan padamu sangat berguna. Kamu sangat menyukai hadiah itu. Hadiah itu adalah barang yang sangat kamu inginkan. Walaupun kenyataannya barang itu sama sekali tidak berguna bagimu. Intinya, kamu mengatakan keadaan yang tidak sebenarnya tentang sesuatu yang orang lain berikan atau lakukan untukmu.

Menentramkan Hati Orang Lain

Lagi-lagi kebohongan akan sangat bermanfaat pada situasi genting. Ketika di luar rumah sedang terjadi angin kencang yang menerbangkan semua benda, kamu membohongi keluargamu yang bersembunyi di dalam rumah. Kamu katakan kepada mereka bahwa kondisi di luar baik-baik saja. Kabar itu akan sedikit menentramkan hati anggota keluarga.

JADI, masikah Kalian INGIN berbohong?


source: kompasiana, wikipedia

Editor: Fortuner.id

 

Artikel ini terakhir diupdate padaJuli 1, 2019 @ 4:02 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: