ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa asing?

SEMUA ORANG memiliki pemikiran bahwa ada bahasa tertentu yang lebih sulit dipelajari daripada yang lain. Bagi penutur asli bahasa Inggris, mempelajari bahasa lain melalui buku dan kursus mandiri profesional mungkin lebih mudah karena ada banyaknnya material pelajaran terjemahan. Namun, fakta liguistik mengatakan bahwa bahasa manusia dikelompokkan berdasarkan kekerabatan mapun kedekatan secara garis keturunan dan sejarah dari suku-bangsa yang menggunakan bahasa itu sendiri. Bahasa yang digunakan oleh bangsa yang lebih besar, cenderung diserap oleh bangsa yang lebih kecil pengaruh sosial-ekonominya.

Departemen luar negeri Amerika menganggap bahwa orang Spanyol, Swedia atau Prancis dapat belajar di kelas 575-600 jam kerja (“Kategori 1”). Rusia, Ibrani dan Islandia lebih sulit (1100 jam kelas, “Kategori 2”). Dan Arab, Jepang, Mandarin dan beberapa lainnya berada dalam kelompok tersulit, Kategori 3, membutuhkan 2200 jam kelas. Tapi apa yang membuat bahasa sebenarnya terasa sulit dipelajari?

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa asing? (atau pertanyaan terkait “Seberapa susah sih bahasa Inggris?”) Terkadang, meningkatan kemampuan berbahasa secara universal itu sendiri tidaklah semudah dan secepat yang kita inginkan. Beberapa bahasa membaurkan akhiran pada kata kerja dan kata benda, seperti bahasa Latin dan Rusia. Hal baru semacam itu bisa sulit bagi peserta didik yang tidak terbiasa dengan pola susunan kalimat tersebut (infleksi). Beberapa tahun yang lalu, dua ilmuwan menemukan bahwa bahasa yang lebih kecil (yang kurang kontak dengan bahasa lain) cenderung memiliki lebih banyak infleksi daripada yang besar. Sebaliknya, bahasa kreasi – yang muncul di antara kelompok-kelompok yang tidak memiliki bahasa yang sama – dipikirkan oleh para ilmuwan agar lebih sederhana secara sistematis daripada bahasa lain, bahkan setelah mereka menjadi bahasa “normal” dengan penutur asli. Mereka biasanya kurang mengalami infleksi tersebut.

Tapi infleksi hanya satu unsur “kesulitan”. Beberapa bahasa memiliki sistem suara vokal sederhana (seperti bahasa Polinesia). Orang lain memiliki berbagai macam suara, termasuk yang langka dan sulit dilafalkan sehingga orang luar sulit belajar (seperti bahasa Kaukasus). Beberapa bahasa (seperti bahasa Inggris) kurang atau kebanyakan tidak memiliki jenis kelamin gramatikal. Beberapa bahasa, seperti bahasa Jerman memiliki belasan jenis kelamin (juga dikenal sebagai “kelas kata benda”) yang harus dipelajari untuk setiap kata benda. Bahasa bisa memiliki susunan kata yang kaku atau fleksibel. Mereka bisa memasukkan kata kerja sebelum benda atau benda sebelum subjek. Namun, tidak jelas bagaimana menilai kesulitan relatif konsonan eksotis, lusinan jenis kelamin atau infleksi berat.

Belajar bahasa asing akan terasa lebih mudah jika Anda memiliki tujuan dalam mempelajarainya. Selain memiliki masa depan yang lebih bagus, belajar bahasa asing bisa mempermudah hubungan sosial dengan teman ataupun calon pacar dari mancanegara yang bisa juga dijadikan tujuan motivasi

Pendekatan lain yang baru-baru ini berusaha mengatasi masalah ini dengan menemukan bahasa yang memiliki fitur yang paling tidak biasa, melewati pertanyaan apakah fitur itu “keras”. Membandingkan 21 parameter fitur di ratusan bahasa, mereka memiliki peringkat 239 bahasa. Chalcatongo Mixtec, yang diucapkan di Meksiko, adalah yang paling aneh. Inggris masuk nomor 33. Basque, Hungaria, Hindi dan Kanton menempati peringkat sebagai yang paling “normal”.

Para peneliti tidak menemukan kesamaan yang lebih besar antara bahasa “aneh” dan “normal”. (Misalnya, mereka tidak mengklaim bahwa bahasa yang lebih kecil atau lebih besar cenderung “aneh”.) Tapi sekali lagi, peringatannya adalah bahwa ini hanya membandingkan bahasa mana yang tidak biasa dalam konteks global, bukan yang sulit.

Jadi dua temuan paling kuat tampaknya bahwa bahasa yang lebih kecil lebih banyak dirotasi, dan bahasa-bahasa yang lebih jauh dari bahasa keluarga linguistik Anda akan lebih sulit dipelajari Namun, jika Anda menginginkan memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, cara yang tepat adalah memilih dan menggunakan tata bahasa sederhana dari bahasa tersebut terlebih dahulu.


 

 

Artikel ini terakhir diupdate padaMei 14, 2020 @ 11:49 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: