ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Bank Mitsubishi MUFG Jepang membuang Bank Danamon Indonesia karena rugi besar

Di Indonesia memang ada banyak kalangan pengusaha tertentu yang terampil untuk menipu. Tapi begitulah bisnis yang mengandalkan segala cara, dan investor yang matanya kurang cermat dalam menilai manusia.

MUFG menghabiskan total sekitar 680 miliar yen untuk akuisisi – salah satu dari sejumlah langkah oleh rekan-rekannya yang mencari pertumbuhan di Asia Tenggara karena suku bunga negatif di Jepang menekan keuntungan.

Tetapi saham pemberi pinjaman midtier Indonesia anjlok setelah kesepakatan, terutama karena penghapusannya dari indeks saham MSCI.

MUFG ingin menindaklanjuti keberhasilan pembelian Bank Thailand Ayudhya 2013, yang telah menjadi pilar bisnis internasionalnya. Dalam hal ukuran, akuisisi Danamon menduduki puncak investasi sekitar 500 miliar yen di Ayudhya dan berada di peringkat dekat dengan investasi MUFG sekitar 900 miliar yen di bank Wall Street, Morgan Stanley.

Pengumuman hari Senin menekankan peran berkelanjutan Danamon dalam strategi global MUFG bersama dengan “tingkat profitabilitasnya yang tinggi.” Laba bersih bank Indonesia yang tidak dikonsolidasi naik 6,5% menjadi 3,92 triliun rupiah ($ 281 juta) pada tahun 2018.

Peraturan akuntansi Jepang mengharuskan MUFG untuk menilai kembali goodwill – premi yang dibayarkan atas nilai wajar akuisisi – jika saham Danamon mengakhiri kuartal ke bawah paling tidak setengah dari harga pembelian. Bank Jepang secara sempit menghindari penurunan pada kuartal April-Juni setelah penilaian unit rebound ke tingkat yang aman.

Di Indonesia memang ada banyak kalangan pengusaha tertentu yang terampil untuk menipu. Tapi begitulah bisnis yang mengandalkan segala cara, dan investor yang matanya kurang cermat dalam menilai manusia.

Dampak pada hasil setahun penuh MUFG masih bisa berubah. Sementara uji penurunan nilai dilakukan secara triwulanan, penentuan akhir akan didasarkan pada harga saham Danamon pada akhir Maret 2020. Jika saham pulih melebihi angka 50%, kerugian akan dibalik.

MUFG pada saat ini tidak berniat untuk merevisi target pendapatan setahun penuh, yang menyerukan laba bersih grup naik menjadi 900 miliar yen. Rencana dividen dan pembelian kembali bank tetap tidak berubah.


Sumber: Nikkei Asian reviews

Artikel ini terakhir diupdate padaJanuari 1, 2020 @ 10:53 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: