ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Artis Titanic Leonardo DiCaprio Dibalik Kasus Pembakaran Hutan Amazon

Pada Sabtu, aktor dan aktivis lingkungan Leonardo DiCaprio mengatakan bahwa ia tidak akan membiarkan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menghalangi dukungannya terhadap hutan hujan Amazon.

Dikutip dair New York Times pada 1 Desember 2019, DiCaprio merilis pernyataan setelah Bolsonaro menuduhnya ikut membiayai kebakaran yang baru-baru ini terjadi di Amazon.

“Pada masa krisis Amazon ini, saya mendukung orang-orang Brasil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka,” tulis DiCaprio di Instagram. “Mereka adalah contoh yang luar biasa, contoh penggerak dan komitmen dengan rendah hati, dan punya semangat yang dibutuhkan untuk menyelamatkan lingkungan.”

Pernyataan itu muncul sehari setelah presiden Brasil mengomentari media sosial yang mengklaim bahwa World Wildlife Fund, sebuah organisasi lingkungan internasional, membayar untuk gambar yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran sukarela selama kebakaran Amazon dan kemudian menggunakan gambar untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan US$ 500.000 atau Rp 7 miliar lebih dari DiCaprio.

Presiden Jair Bolsonaro membuat klaim pada hari Kamis di webcast, dengan alasan bahwa organisasi non-pemerintah (LSM) berkontribusi pada kebakaran hutan yang merusak hutan hujan Amazon awal tahun ini, seperti dilaporkan CNN.

“Orang-orang LSM, apa yang mereka lakukan? Apa yang lebih mudah? Membakar hutan,” katanya, tidak memberikan bukti untuk mendukung tuduhan itu.

Dia melanjutkan, “Ambil foto, film, kirimkan ke LSM, LSM sebarkan itu, lakukan kampanye melawan Brasil, berhubungan dengan Leonardo DiCaprio dan Leonardo DiCaprio menyumbangkan US$ 500.000 kepada LSM ini. Satu bagian diberikan kepada orang-orang yang mengatur kebakaran, kan?

“Leonardo DiCaprio, Anda membantu pembakaran Amazon, itu tidak mungkin,” kata Bolsonaro.

Presiden Brasil menggandakan klaimnya pada hari Jumat, berbicara dengan para pendukung di luar Istana Presiden di Brasília.

“Leonardo DiCaprio adalah pria yang hebat, bukan? Menyumbangkan uang untuk membakar Amazon,” katanya.

Pernyataan Presiden Brasil tentang organisasi nonpemerintah datang setelah empat anggota brigade pemadam Alter do Chão ditangkap pada hari Selasa. Mereka dituduh membakar dengan tujuan mengambil foto untuk meminta sumbangan.

Penangkapan itu secara luas dikecam oleh para politisi dan organisasi lain yang melihatnya sebagai langkah lain presiden sayap kanan untuk mengkerdilkan kelompok lingkungan.

Dalam pernyataannya pada hari Sabtu, bintang Hollywood itu menulis, “Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang menjadi target.”

Dia mengatakan akan tetap berkomitmen untuk mendukung masyarakat adat Brasil, pemerintah daerah, ilmuwan, pendidik, dan masyarakat umum yang bekerja tanpa lelah untuk mengamankan Amazon untuk masa depan semua orang Brasil.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, World Wildlife Fund membantah menerima sumbangan dari Leonardo DiCaprio dan memperoleh foto kebakaran hutan Amazon dari petugas pemadam kebakaran.

Artikel ini terakhir diupdate padaDesember 2, 2019 @ 8:37 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: