Apa Saja Fakta Mengenai Daerah Istimewa Yogyakarta?

0
13
fortuner.id jogja
fortuner.id jogja

  1. Etnis Tionghoa di Jogja tidak diperbolehkan memiliki hak atas tanah di wilayah Jogja. Mereka hanya diperbolehkan menyewa ataupun memiliki HGB ( Hak Guna Bangunan ) saja.

  2. Salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia Muhammadiyah didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan di Kauman, Yogyakarta.

  3. Gunung Merapi yang ada di perbatasan Jogja-jateng adalah gunung berapi teraktif di Indonesia.

  4. Terdapat aturan unik tidak tertulis di parangtritis Yogyakarta, yaitu dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau. Menurut mitos yang beredar, nyai Roro kidul ( penguasa laut selatan ) sangat menyukai orang berpakaian hijau.

  5. Satu satunya provinsi yang rajanya otomatis menjadi gubernur tanpa dipilih. Awal mula termuat pada perjanjian Giyanti dan dikuatkan dengan pasal 18 UU keistimewaan Yogyakarta.

  6. Yogyakarta adalah provinsi dengan angka harapan hidup tertinggi di Indonesia.

  7. Kedaulatan Rakyat (KR) yang berbasis di Yogyakarta adalah surat kabar tertua di Indonesia setelah kemerdekaan yang masih eksis sampai sekarang.

  8. Art fair terbesar se-Asia tenggara diselenggarakan di Yogyakarta, yaitu ArtJog.

  9. Jogja adalah satu satunya provinsi yang mendapatkan dana istimewa di Indonesia sebesar kurang lebih 1,3 triliun per tahun, walaupun ada dua daerah istimewa di Indonesia yang masih eksis, yaitu Yogyakarta dan Aceh.

  10. Yogyakarta terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan (Joko pinurbo).