ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

Makanan apa yang mendukung proses belajar?

Belajar adalah sesuatu kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran dalam otak kita, namun terkadang otak juga perlu nutrisi yang sehat demi mendukung kinerja otak yang maksimal agar dapat  menyerap pembelajaran dengan baik, kekurangan asupan gizi yang baik untuk otak kita dapat menganggu kesehatan otak dan pikiran kita saat membaca buku dan belajar sesuatu. berikut adalah makanan yang baik untuk otak biar bikin otak encer :

Ikan Ber Protein
Ikan Berprotein tinggi seperti Salmon maupun ikan laut merupakan jenis ikan yang paling bergizi dan sangat baik untuk menutrisi otak. Dalam ikan salmon terkandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan otak. Konsumsi ikan salmon secara teratur akan membantu meningkatkan kecerdasan dan ketajaman berfikir secara cepat.

Susu
Memang bukan rahasia lagi, kalau susu memang punya banyak sekali manfaat, mulai dari meningkatkan imunitas, mempercepat pertumbuhan tulang, dan juga meningkatkan kemampuan otak. Kandungan vitamin B dan protein tinggi pada susu, merupakan zat gizi penting bagi pertumbuhan jaringan otak dan sistem syaraf pusat.

Bayam
Bayam mempunyai kandungan zat besi dan aneka vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Kandungan vitamin B9 dalam bayam terbukti mampu meningkatkan ketajaman memori otak sehingga daya ingat dan kecerdasan pun akan meningkat. Bagi anda yang mempunyai buah hati, sangat disarankan untuk memberikan bayam sebagai salah satu menu makanan favorit.

Aneka Kacang
Kacang adalah sumber lemak nabati yang sangat diperlukan tubuh. Selain itu dalam kacang juga terkandung aneka vitamin, serat, mineral, dan protein yang dapat meningkatkan daya ingat. Jikapun anda tidak suka makan kacang, tentu bisa mencoba olahan kacang lain yang tidak kalah lezatnya seperti selai kacang.

Buah Pisang
Warna buahnya yang kuning cerah menandakan pisang sangat baik untuk kecerdasan otak dan juga kecantikan. Pisang bukan hanya dapat meningkatkan kecerdasan otak, tetapi juga dapat dibuat masker wajah yang mampu meremajakan sel kulit, sehingga kulit nampak awet muda. Masker pisang yang bermanfaat ini sudah pernah saya bahas sebelumnya di artikel cara membuat wajah awet muda dan tidak lekas keriput. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam pisang akan memperlancar jalannya transmisi antar sel syaraf otak sehingga kemampuan berfikir dan respon pun akan lebih cepat. Selain itu, pisang juga cocok untuk makanan diet.

Telur
Telur sering kali kita jadikan menu sarapan yang lezat. Selain harganya yang relatif murah, telur juga kaya akan manfaat. Kandungan asam amino, protein dan juga kolin yang tinggi dalam telur sangat baik untuk perkembangan otak. Baik putih atau kuning telurnya, keduanya sama-sama bermanfaat.

Brokoli
Sayuran hijau ini kaya sekali akan manfaat. Bukan hanya untuk meningkatkan imunitas tubuh, tetapi brokoli juga dapat mencerdaskan otak apabila dikonsumsi secara teratur dan dengan cara pengolahan yang benar.
Kandungan antioksidan dan betakaroten di dalam brokoli bermanfaat bagi kesehatan otak dan pemeliharaan sistem syaraf pusat.

Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang mempunyai kandungan lemak cukup banyak. Namun, lemak yang ada dalam buah alpukat merupakan lemak nabati yang sangat dibutuhkan tubuh.
Kandungan vitamin E di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan alami yang mampu mencegah penuaan dini baik pada tubuh ataupun otak. Konsumsi secara teratur buah ini diketahui dapat mencerdaskan otak seseorang dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Aneka Beri & Buah Segar
Beri juga termasuk buah yang bisa mencerdaskan otak dan menambah daya ingat. Semua kelompok beri seperti stoberi, ceri, blackbery, dan bluebery mengandung banyak sekali zat gizi. Kelompok buah beri ini mengandung antioksidan tinggi, khususnya vitamin C, yang bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit termasuk kanker. Selain itu, buah beri juga mengandung sejumlah kecil asam lemak omega 3, yang berguna untuk mencerdaskan otak serta memperkuat daya ingat.

Gandum
Gandum merupakan sumber serat dan juga glukosa yang cukup banyak. Kandungan glukosa dan serat ini sangat dibituhkan otak untuk mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Jika suplai glukosa dan serat tubuh tercukupi, kerja otak pun akan semakin meningkat, sehingga impian untuk memiliki otak cerdas pun akan tercapai.

Yogurt
Yogurt adalah minuman sehat yang didalamnya mengandung banyak bakteri baik. Bakteri baik yang terkandung dalam yoghurt ini mampu melawan dan mengurangi jumlah bakteri jahat dalam saluran pencernaan sehingga area pencernaan pun akan semakin sehat.
Seperti halnya susu, yogurt juga mempunyai kandungan vitamin B tinggi. Selain vitamin B, yoghurt juga mengandung sejumlah besar probiotik yang berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.
Kandungan vitamin B berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan juga enzim.

Wortel
Wortel selain baik untuk kesehatan mata, ternyata juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan otak. Wortel memiliki kandungan mineral, betakaroten, magnesium, dan zat besi yang dibutuhkan untuk memenuhi asupan gizi otak. Konsumsi wortel secara rutin akan membantu anda untuk berfikir lebih cepat sekaligus mempertajam daya ingat.

Kedelai
Makanan yang merupakan bahan dasar tempe dan tahu ini ternyata juga memiliki kandungan yang mampu mencerdaskan otak. Selain mampu mencerdaskan otak, tempe juga mempunyai sifat anti penuaan dini, sehingga cocok sekali untuk membuat tubuh anda awet muda. Kedelai mempunyai kandungan lemak nabati yang baik untuk tubuh, serta kandungan lain seperti mineral dan berbagai macam vitamin. Saya sebelumnya sudah membahas manfaat kedelai dalam sebuah artikel yang berjudul cara awet muda dengan hanya bermodal tempe.

Sayuran Berwarna
Manfaat dari sayuran bisa terlihat dari warna sayuran tersebut. Sayuran berwarna mengandung banyak sekali manfaat, tak terkecuali untuk mencerdaskan otak. Konsumsi aneka sayuran tiap hari akan membuat otak anda makin cerdas dan daya ingat semakin tinggi. Namun, sebaiknya perhatikan juga cara pengolahannya. Jangan sampai manfaat yang terkandung hilang hanya karena anda salah memasaknya.

coklat
Sebuah penelitian Harvard menemukan fakta bahwa meminum dua cangkir coklat panas setiap hari (pagi dan sore) bermanfaat untuk mempertajam ingatan sekaligus meningkatkan kecerdasan otak dalam berpikir. Bahkan bagi orang dewasa maupun usia lanjut, kakao mampu memperbaiki masalah kognitif akibat diabetes, hipertensi, atau penyakit pembuluh darah lainnya. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi coklat setiap pagi hari sebelum anda beraktifitas.

Artikel ini terakhir diupdate padaFebruari 13, 2018 @ 5:54 pm

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: