Amerika Serikat latihan militer bersama sekutu Jepang, Australia dan India

Amerika Serikat melakukan dua latihan militer di perairan Asia minggu ini yang melibatkan sekutu Jepang, Australia dan India, kata angkatan laut AS, Selasa 21 july 2020.

Latihan militer kelautan itu dilakukan ketika persaingan militer antara Amerika Serikat dan China semakin meningkat dan beberapa hari setelah Amerika Serikat mengatakan klaim kedaulatan China di Laut Cina Selatan yang disengketakan adalah ilegal.

Amerika Serikat telah lama menentang klaim teritorial China yang luas di Laut Cina Selatan, mengirimkan kapal perang secara teratur melalui jalur air strategis untuk menunjukkan kebebasan navigasi.

Pemerintah komunis China menentang latihan semacam itu dan mengatakan penolakan AS terhadap klaimnya di Laut Cina Selatan meningkatkan ketegangan dan merusak stabilitas di kawasan itu.

USS Nimitz dan USS Ronald Reagan dikerahkan ke Laut Cina Selatan dua kali bulan ini tetapi minggu ini, Nimitz berada di Samudra India untuk latihan dengan angkatan laut India, kata angkatan laut AS, dalam tanda terbaru dari kerja sama yang meningkat antara kekuatan.

Laksamana Muda Jim Kirk, komandan Nimitz Carrier Strike Group, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa latihan hari Senin dengan angkatan laut India membantu meningkatkan interoperabilitas pasukan mereka.

“Saat beroperasi bersama, pasukan angkatan laut AS dan India melakukan latihan kelas atas yang dirancang untuk memaksimalkan pelatihan dan interoperabilitas, termasuk pertahanan udara,” kata angkatan laut AS.

Hubungan India dengan Pemerintah komunis China juga tegang setelah bentrokan mematikan di perbatasan mereka yang diperdebatkan di Himalaya bulan lalu, mendorong seruan di India untuk hubungan keamanan yang lebih dekat dengan Amerika Serikat dan sekutunya termasuk Jepang.

Latihan dilakukan di dekat pulau Andaman dan Nicobar di India, di ujung utara Selat Malaka, salah satu rute pengiriman dan bahan bakar tersibuk di dunia, kata sumber India. India memiliki pangkalan militer di pulau-pulau itu.

Angkatan Laut AS mengatakan Nimitz Carrier Strike Group berada di Samudra Hindia untuk mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Secara terpisah, kelompok pemogokan AS yang dipimpin oleh Ronald Reagan sedang melakukan latihan dengan pasukan angkatan laut dari Jepang dan Australia di Laut Filipina, AS dan pejabat Australia mengatakan pada hari Selasa.

Latihan itu akan berakhir pada 23 Juli, kata departemen pertahanan Australia.

Akhir tahun ini, Amerika Serikat akan mengadakan latihan angkatan laut dengan India dan Jepang di Teluk Benggala dan Australia mungkin bergabung.


Sumber: Reuters

Artikel ini terakhir diupdate padaJuli 22, 2020 @ 6:27 am

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: