ga('set', 'userId', 'USER_ID'); // Set the user ID using signed-in user_id.

5G itu apa sih? berikut penjelasan sederhana

Penasaran Kan tentang perkembangan dunia teknologi seluler 5G. Hanya lima tahun setelah smartphone 4G pertama masuk ke pasaran, industri nirkabel sudah bersiap untuk 5G.

Sebelumnya ada banyak rintangan signifikan yang harus dibersihkan oleh semua pemain industri sebelum Anda akan melihat simbol 5G kecil di sebelah atas bilah sinyal pada perangkat layar smartphone. Misalnya, belum ditentukan apa pengaruh lingkungan penggunannya dan kecocokan komponen 5G, apalagi seperti apa tampilannya dan kapan akan tiba di negeri indonesia sini. Namun seiring permintaan konsumen menggunakan bandwidth koneksi 4G dalam jumlah yang terus bertambah dengan menonton video streaming Dan game online di ponsel mereka, 5G akan segera menjadi sebuah kebutuhan.

Di fortuner.id kami mencoba mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang siapa, apa, di mana, kapan dan mengapa 5G. “G” dalam akhiran 3G, 4G dan 5G adalah singkatan dari “generasi.” Jadi 5G akan menjadi generasi kelima dari teknologi jaringan nirkabel.

Sebenarnya standar teknis untuk 5G belum ditetapkan. Menurut Bill Smith, presiden operasi jaringan AT&T Di negeri paman Sam, 5G kemungkinan akan ditetapkan pada tahun 2018, dan standar untuk 5G akan dikodifikasikan pada tahun 2019 oleh International Telecommunication Union, cabang Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menetapkan standar. Standar akan menentukan teknologi nirkabel mana yang dapat disebut “5G,” serta karakteristik apa yang harus dimasukkan, seperti seberapa cepat akan.

5G akan lebih cepat, lebih cerdas dan lebih haus daya daripada 4G, memungkinkan banyak jenis gadget nirkabel baru. 5G akan memungkinkan kita memiliki smartphone yang lebih cepat, lebih banyak perangkat rumah pintar yang dapat dipakai dengan konsumsi batere yang tahan lama. 5G memiliki potensi untuk menawarkan kecepatan hingga 40 kali lebih cepat dari 4G – cukup cepat untuk melakukan streaming video “8K” dalam 3-D atau mengunduh film 3-D dalam waktu sekitar 6 detik (pada 4G, itu akan memakan waktu 6 menit).

Sayangnya bagi konsumen, ada perbedaan antara percobaan laboratorium dan kenyataan. Kecepatan puncak 5G memang terlihat hebat dan menyenangkan, tetapi di dunia nyata, kecepatan sebenarnya jauh lebih lambat Dan tidak stabil dari yang dijanjikan. Nokia, salah satu pelaku industry 5G terbesar, percaya bahwa teknologi 5G-nya akan memungkinkan kecepatan dunia nyata sekitar 100 Megabit per detik saat jaringan ini paling padat – itu sekitar empat kali lebih cepat dari kecepatan tertinggi 4G. Karakteristik lain dari 5G adalah bahwa ia akan memiliki latensi sangat rendah, yang berarti bahwa itu dapat secara drastis mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan jaringan untuk merespon Anda perintah. Itu bisa memberikan tampilan pemuatan situs web, aplikasi, video, dan pesan yang jauh lebih cepat.

Banyak eksperimen 5G perusahaan nirkabel dilakukan dalam frekuensi super tinggi – setinggi 73.000 MHz. Jaringan telepon seluler saat ini menyiarkan sinyal dalam kisaran 700 MHz hingga 3.500 MHz. Keuntungan dari sinyal frekuensi tinggi adalah bahwa mereka mampu memberikan kecepatan data yang jauh lebih cepat. Kerugiannya adalah mereka menempuh jarak yang jauh lebih pendek dan tidak mudah menembus dinding. Itu berarti ribuan – mungkin bahkan jutaan – menara sel mini, atau “sel kecil” perlu ditempatkan di atas setiap tiang lampu, setiap bangunan, di dalam setiap rumah dan berpotensi setiap kamar. Itu menghadirkan sejumlah masalah. Bagaimana mungkin perusahaan telepon seluler dapat memproses semua data itu?

Ada beberapa perusahaan, seperti Alpental yang baru-baru ini diakuisisi oleh Google, yang menangani masalah-masalah “backhaul” itu. Tetapi mereka belum begitu menemukan solusi, menurut pak Akshay Sharma, analis infrastruktur nirkabel di Gartner. Itulah sebabnya 5G mungkin melengkapi 4G, daripada langsung menggantinya. Di gedung dan di daerah padat, 5G mungkin memberikan dorongan kecepatan. Tetapi ketika Anda berkendara di jalan raya, 4G bisa menjadi satu-satunya pilihan Anda – setidaknya untuk sementara waktu. Konsensus industri adalah bahwa uji Coba teknik pertama akan menjalankan eksperimen 5G di Korea Selatan selama Olimpiade Musim Dingin 2018, dengan penyebaran massal ke konsumen dimulai sekitar tahun 2020.


Sumber: Business week

Artikel ini terakhir diupdate padaMaret 2, 2019 @ 2:23 pm

2 thoughts on “5G itu apa sih? berikut penjelasan sederhana

Comments are closed.

error: Alert: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: