Warga pribumi Hawaii memprotes teleskop raksasa di gunung suci yang dibangun pemerintah Amerika serikat

Ayo Bagikan...
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Para pengunjuk rasa, yang dipimpin oleh para tetua rakyat pribumi asli Hawaii, khawatir bahwa pembangunan Thirty Meter Telescope (TMT) di puncak gunung tertinggi Hawaii – Mauna Kea – akan menodai daerah itu.

“Kami di sini di lereng Mauna Kea melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi tanah kami, ruang suci kami,” tambah Perez.

Gubernur Hawaii David Ige pada hari Kamis mengumumkan “proklamasi darurat” sebagai tanggapan terhadap ribuan pemrotes yang menghalangi jalan menuju puncak gunung suci di atas pembangunan teleskop raksasa.

“Proklamasi darurat memberi penegakan hukum peningkatan fleksibilitas dan wewenang untuk menutup lebih banyak area dan membatasi akses pada Mauna Kea,” kata Ige. “Ini akan memungkinkan penegakan hukum untuk meningkatkan pengelolaan situs dan daerah sekitarnya dan memastikan keselamatan publik.”

Sebenarnya Hawaii sendiri merupakan negara bagian Amerika Serikat yang ke-50 dan yang paling baru bergabung ke AS, diterima pada tanggal 21 Agustus 1959. Hawaii adalah satu-satunya negara bagian (state) di AS yang terpisah dari benua Amerika dan berupa kepulauan sekaligus masuk kawasan OseaniaKepulauan ini “ditemukan” oleh James Cook, seorang penjelajah Inggris pada tanggal 10 Januari 1778. Penduduk asli pribumi kepulauan Hawaii adalah suku Hawai’i yang merupakan turunan bangsa Polynesia.

Hawaii merupakan salah satu pulau wisata paling terkenal di dunia, potensi keindahan alam serta wisata bahari yang sangat unik membuat Hawaii dikenal hampir seluruh pelosok dunia. Salah satu tokoh terkenal asal Hawaii adalah Duke Kahanamoku, yang merupakan penemu olahraga selancar.

Negara bagian ini hampir mencakup seluruh kepulauan vulkanik Hawaii, yang terdiri dari ratusan pulau yang tersebar sejauh 2.400 km (1.500 mil). Di ujung tenggara Kepulauan Hawaii, delapan pulau utama adalah (dari barat laut ke tenggara): NiʻihauKauaʻiOʻahuMolokaʻiLānaʻiKahoʻolaweMaui, dan Pulau Hawaiʻi. Pulau yang terakhir adalah pulau terbesar dalam kelompok tadi; Pulai ini sering disebut “Pulau Besar” atau “Pulau Hawaiʻi” untuk menghindari kebingungan dengan Negara Bagian Hawaiʻi atau Kepulauan Hawaiʻi.

Saat ditemukan, Hawaii masih berupa kerajaan yang berturut-turut diperintah oleh raja Kamehameha I hingga Kamehameha IV lalu dilanjutkan oleh LunailoKalakaua, dan pemimpin terakhir adalah Liliuokalani. Setelah “ditemukan” oleh AS pada tahun 1900, kepulauan ini dikuasai dan disahkan sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-50, pada tanggal 21 Agustus 1959.

Otoritas setempat menangkap setidaknya 33 orang ketika mencoba untuk memecah blokir pada hari Rabu. “Beberapa orang yang ditangkap sebenarnya terkait dengan beberapa petugas,” kata penyelenggara protes Andrew Perez kepada Honolulu Star-Advertiser, surat kabar harian terbesar Hawaii.

Para ilmuwan telah memilih puncak gunung di Hawaii tersebut, di mana beberapa teleskop sudah beroperasi, untuk penciptaan TMT $ 1,4 miliar (€ 1,25 miliar) karena kondisi cuaca yang konsisten dan polusi cahaya yang minimal.

Penghalang jalan itu juga mencegah astronom lain mengakses teleskop di gunung. Jessica Dempsey, wakil direktur Observatorium Asia Timur, mengatakan bahwa mereka tidak akan melanjutkan pengamatan terhadap Mauna Kea sampai keselamatan dipastikan.

“Waktu sains kami sangat berharga, tetapi dalam hal ini, prioritas kami hanya untuk memastikan semua staf kami aman,” kata Dempsey.


Sumber: DW

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *