Siapakah penemu USB Universal Serial Bus? Mengenal Pak Ajay Bhatt

Setiap hari kita tanpa sadar menggunakan ciptaan Pak Ajay. Dari Komputer, powerbank, TV, sampai motor dan mobil pun memiliki colokan port USB. Penggunaan port ini bisa sebagai pengisi listrik sekaligus sebagai jalur pertukaran data dari media penyimpanan. Sangat praktis dan digunakan oleh banyak jenis alat modren. Lalu siapakah sebenarnya pemikir dan inovator dari colokan USB ini?

Pak Ajay Bhatt merupakan penemu dari USB. Beliau juga menggunakan banyak waktunya untuk belajar bahasa Inggris agar bisa bersekolah dan mempelajari ilmu teknologi. Pak Ajay menjadi selebriti global sebagai co-penemu USB melalui iklan TV Intel 2009, di mana ia diperankan oleh aktor Sunil Narkar. Ajay V. Bhatt merupakan arsitek komputer India-Amerika yang membantu mendefinisikan dan mengembangkan beberapa teknologi yang banyak digunakan, termasuk USB (Universal Serial Bus), AGP (Accelerated Graphics Port), PCI Express pada grafik komputer, platform arsitektur manajemen Daya dan berbagai perbaikan chipset.

Colokan port USB pertamakali dijual pada tahun 1996. Saat ini bentuk dan desain USB terus dikembangkan agar menjadi lebih cepat dan mudah digunakan oleh setiap orang.

Pak Ajay lahir di kota Vadodara Gujarat India, negara yang tidak berbeda dengan Indonesia, masih miskin dan membangun ekonomi. Bhatt menerima gelar masternya dari Universitas Kota New York, Amerika Serikat dan diterima bekerja dengan Intel pada tahun 1990 sebagai arsitek staf senior di tim arsitektur chipset di Folsom.

Pak Ajay memegang seratus tiga puluh dua paten AS dan internasional, dan beberapa lainnya dalam berbagai tahap pengarsipan. Pada tahun 1998, 2003 dan 2004, Bhatt dinominasikan untuk ambil bagian dalam Serial Kuliah Terunggul di universitas terkemuka di Amerika Serikat dan Asia. Dia menerima Penghargaan Prestasi dalam Keunggulan untuk kontribusinya dalam pengembangan spesifikasi PCI Express pada tahun 2002

Sebagai Kepala arsitek I / O Intel yang bertanggung jawab untuk platform dan I / O interkoneksi arah, Bhatt juga memimpin definisi dan pengembangan arsitektur Platform Klien komputer generasi mendatang. Pak Ajay Bhatt ditampilkan dalam GQ India edisi Juli 2010, sebagai salah satu dari “The 50 Most Global Indians Influential!”.

Kota Vadodara tempat kelahiran pak Ajay ini kota di negara bagian Gujarat di India Barat, dan terbesar ketiga setelah Ahmedabad dan Surat. Ini adalah markas administrasi Distrik Vadodara dan terletak di tepi sungai Vishwamitri, 139 kilometer (86 mil) dari ibu kota negara Gandhinagar. Kota ini sangat kental akan warisan kolonial dari penjajahan Inggris.

Selain USB, Pak Ajay juga menemukan sistem grafik komputer dengan colokan slot bernama PCI Express (Peripheral Component Interconnect Express), secara resmi disingkat sebagai PCIe atau PCI-e. Sistem ini menjadi standar bus ekspansi komputer serial kecepatan tinggi, yang dirancang untuk menggantikan PCI yang lebih tua, PCI-X, dan standar bus AGP. PCIe memiliki banyak perbaikan atas standar lama, termasuk throughput bus sistem maksimum yang lebih tinggi, jumlah pin I / O yang lebih rendah dan jejak fisik yang lebih kecil, penskalaan kinerja yang lebih baik untuk perangkat bus, deteksi kesalahan dan mekanisme pelaporan yang lebih detail. Dunia grafik game komputer, tampilan kinclong dilayar TV LED dan bahkan uang digital seperti Bitcoin tidak bisa terlepas dari teknologi pak Ajay ini.


Sumber:

wikipedia

Tinggalkan Balasan