Penjelasan Ilmiah Tentang Asal Muasal Kesadaran pada Manusia

fortuner.id hantu banyu

Tim ilmuwan dari Harvard berhasil menemukan bagian otak yang berperan dalam kesadaran manusia. Michael Fox, peneliti kesehatan otak dari Beth Israel Deaconess Medical Centret di Harvard Medical School, beserta tim menemukan tiga lokasi penting otak.
Fox menjelaskan, seperti dilansir laman Science Alert, studi ini berangkat dari semangat memahami orang dalam keadaan koma. “Jika berhasil menemukan kunci itu, mungkin kita bisa membangunkan orang yang telah lama koma,” ujar Fox.
Fox dan tim pun mulai menganalisis otak dari 36 pasien. Sebanyak 12 di antaranya merupakan pasien koma. Ternyata satu bagian di batang otak yang disebut rostral dosolateral pontine tegmentum ditemukan rusak pada 10 pasien sadar dan tidak sadar. “Hal ini merupakan indikasi awal bahwa bagian itu penting untuk kesadaran,” katanya. Kemudian Fox dan tim melihat hubungan bagian tersebut dengan bagian otak lain melalui otak manusia yang sehat. Setelah dianalisis, ada dua bagian korteks yang terhubung dengan bagian tersebut. Kedua korteks itu, yakni anterior insula dan pregenual anterior cingulate cortex.Studi dilanjutkan dengan pemindaian otak sebanyak 45 pasien menggunakan mesin fMRI. Dari situ, tim berhasil mengonfirmasi bahwa semua pasien koma memiliki kerusakan di jaringan tiga bagian tersebut.

Memang, bagian anterior insula dan pregenual anterior cingulate cortex sudah lama diketahui berperan dalam kesadaran. Namun baru kali ini bagian ini terungkap fungsi dengan batang otak.

Source:sience alert


 

Tinggalkan Balasan