Vaksin Corona Dijual Mahal Padahal Virus China Yang Buat

Kepala China Sinopharm mengesampingkan harga tinggi untuk vaksin virus corona

BEIJING: Vaksin virus korona potensial yang sedang dikembangkan oleh unit Grup Farmasi Nasional China (Sinopharm) dapat menelan biaya tidak lebih dari 1.000 yuan (US $ 144,27) untuk dua suntikan, media pemerintah pada Selasa mengutip pernyataan ketua Liu Jingzhen.

Sinopharm mengatakan vaksin eksperimentalnya dapat siap untuk digunakan publik pada akhir tahun ini dan telah memasuki uji coba manusia tahap akhir di Uni Emirat Arab untuk mengumpulkan bukti kemanjuran untuk persetujuan peraturan akhir.

Pemerintah dan pembuat obat di seluruh dunia sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan vaksin COVID-19. Lebih dari 200 kandidat sedang dalam pengembangan, termasuk lebih dari 20 dalam uji klinis pada manusia.

Moderna Inc mengatakan awal bulan ini bahwa volume yang lebih kecil dari vaksin eksperimental dihargai US $ 32-US $ 37 per dosis.

Bulan lalu, pemerintah AS mencapai kesepakatan untuk vaksin eksperimental yang dikembangkan oleh Pfizer dan mitranya BioNTech SE yang mengamankan cukup untuk menyuntik 50 juta orang Amerika dengan harga sekitar US $ 40 per orang.

Liu dari Sinopharm tidak menyebutkan apakah program asuransi nasional yang didukung negara China akan menutupi sebagian biaya vaksin untuk konsumen, atau apakah itu dapat dimasukkan dalam skema vaksinasi gratis negara itu.

China National Biotec Group (CNBG), sebuah unit Sinopharm, telah memindahkan dua galur vaksin menggunakan metode yang sama ke dalam uji coba pada manusia. Pabriknya di Wuhan dan Beijing jika digabungkan dapat menghasilkan lebih dari 200 juta dosis obat setiap tahun.

source: tempo